Bhumandala Award 2020: Optimalisasi Simpul Jaringan Informasi Geospasial Dalam Satu Data Indonesia

JAKARTA, NKRIKU – Badan Informasi Geospasial (BIG) tahun ini kembali memberikan penghargaan kepada para penggiat inovasi bidang Informasi Geospasial 2020. Pemberian penghargaan juga bertepatan dengan Peringatan Hari Informasi Geospasial ke-51.

Penghargaan diberikan BIG sebagai bentuk implementasi Perpres Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). Kepala Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial BIG Sumaryono mengatakan, Bhumandala award ini sebagai penghargaan terhadap upaya membangun simpul jaringan informasi geospasial kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

“Sebagai pembina informasi geospasial, BIG memberikan penghargaan kepada para penggiat inovasi bidang Informasi Geospasial,” ujarnya di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Berita Populer  KPK Sita Ruko Terkait Kasus Citra Satelit BIG

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta seluruh aspek masyarakat dalam pemanfaatan penggunaan Informasi Geospasial, yang memberi dampak besar dan positif bagi khalayak,” kata Sumaryono.

Kegiatan penilaian kinerja simpul jaringan merupakan hal yang sangat penting. Penilaian kinerja Simpul Jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan 5 (lima) elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standar dan Sumber Daya Manusia.

Data geospasial, selain digunakan dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah, digunakan untuk analisis alih fungsi penggunaan lahan, juga memetakan kawasan wisata, kawasan pusat pertumbuhan, kawasan metropolitan dan kawasan rawan bencana.

Berita Populer  Balok Kayu dan Hujan 107 mm Disebut Penyebab Banjir Bandang Gunung Mas

Penghargaan dibagi menjadi lima kategori, yaitu tingkat K/L, provinsi, kabupaten, kota dan kategori tambahan (khusus). Berikut penjelasan untuk masing-masing kategori:

1. Kementerian/Lembaga. Penghargaan diberikan kepada enam K/L yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

2. Pemerintah Provinsi. Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Provinsi yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

3. Pemerintah Kabupaten. Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Kabupaten yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

4. Pemerintah Kota. Penghargaan diberikan kepada empat Pemerintah Kota yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

Berita Populer  Balok Kayu dan Hujan 107 mm Disebut Penyebab Banjir Bandang Gunung Mas

5. Kategori Tambahan (Khusus):
a. Geoportal Terbaik. Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengembangkan Geoportal dengan tampilan menarik, kecepatan tinggi dan konten data lengkap.
b. Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik. Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengoptimalkan peran Geoportalnya dalam mekanisme berbagi pakai data spasial baik dalam lingkungan internal maupun eksternal. Penilaian juga dilakukan berdasarkan konten data serta kelengkapan data lainnya (kelengkapan atribut, metadata dan kesesuaian dengan Katalog Unsur Geografi Indonesia).

Editor : Djibril Muhammad

Share

Share

Berita Terbaru