Biar Enggak Boncos, Simak 5 Trik Jitu Investasi di Tengah Pandemi

NKRIKU Pandemi COVID-19 telah menyerang hampir seluruh negara di dunia dengan kasus mencapai ratusan ribu jiwa. Keadaan ini membuat sektor ekonomi terkena dampaknya.

Bahkan, banyak investor yang kini beralih ke instrumen safe heaven yaitu uang tunai dan emas. Namun, berkaca dari peristiwa masa lalu, berbagai wabah dan pandemi akan segera hilang dan mereda. Maka dari itu, penting untuk tetap investasi meski pandemi COVID-19 masih menyebar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips jitu investasi di tengah pandemi COVID-19.

baca juga:

1. Review dan rebalance
Melihat ulang portofolio investasi sangat diperlukan ketika pandemi sedang menyebar. Hal ini dapat membantu investor untuk tetap membuat investasinya seimbang.

Tak hanya itu, pikirkan kembali untuk melakukan keseimbangan dengan cara menyesuaikannya dengan tujuan awal investasi.

Jangan sampai portofolionya memerah dan menurun tajam. Momen ini juga digunakan untuk menyesuaikan dengan tingkat risiko yang dimiliki.

2. Perkuat dana darurat
Di tengah pandemi, kepentingan untuk bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhan pokok lebih penting. Tak hanya itu, dengan semakin bergejolaknya ekonomi global, kemungkinan pemutusan hubungan kerja juga semakin besar.

Maka dari itu, pastikan dana darurat terjaga dengan baik. Dana darurat idealnya merupakan sejumlah pengeluaran bulanan dikurangi dengan biaya non esensial kemudian dikali 6 hingga 12 kali.

3. Peka terhadap momentum
Dalam jangka panjang, investasi akan naik kembali, terutama di pasar saham. Maka dari itu, saat ini, ketika gejolak sedang berlangsung, banyak emiten yang sedang diskon besar-besaran. Investor bisa menggunakan sebagai momen tepat untuk membeli berbagai saham.

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru