Bikin Publik Geger, Epidemiolog: Polisi Harus Tindak Anji dan Hadi Pranoto!

NKRIKU.COM – Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono meminta pemerintah untuk menyeret Hadi Pranoto dan Erdian Aji Prihartanto alias Anji ke ranah hukum karena mengklaim obat covid-19 sudah ditemukan.

Pandu berharap polisi segera mengungkap motif di balik penyebaran informasi yang dilakukan Anji dan Hadi.

“Harus dibawa ke ranah hukum, saya tidak tahu delik hukumnya. Sebaiknya diperiksa polisi motif menyebarkan informasi tersebut,” kata Pandu saat dihubungi NKRIKU.COM, Senin (3/8/2020).

Di sisi lain, Pandu juga mengkritik pemerintah yang tidak tegas dalam mengelola informasi selama masa pandemi corona covid-19, bahkan misinformasi juga kerap dilakukan oleh pejabat negara.

“Kenapa setiap ‘kebohongan’ yang disampaikan influencers atau tokoh yang berwenang tidak pernah ditindak? Tidak mungkinlah sejak awal pandemi: “para menteri saja ngomong ngawur sampai terakhir promosikan kalung ajaib” dan  seterusnya. Kalau sekarang ada yang ditindak, bisa berlaku surut, berani?,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah akun Youtube Dunia MANJI, Jumat (31/7/2020), Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi, mengatakan telah berhasil menemukan obat virus Corona.

“Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat,” katanya.

Anji mengatakan antibodi Covid-19 sudah terbukti ampuh, bahkan digunakan di Wisma Atlet Kemayoran.

“Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini,” tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

Viralnya video ini menimbulkan reaksi dari sejumlah pakar, terutama pakar ilmu kesehatan.

Berita Terbaru