Bisnis Media MNC, Hary Tanoe Sebut Jumlah Pemirsa TV Meningkat Sangat Luar Biasa

NKRIKU, Jakarta – Founder dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe membeberkan kondisi bisnis media di perusahaannya di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah lini bisnis MNC Group mencatat kenaikan jumlah pengguna, salah satunya pada bisnis televisi.

“Karena begitu banyaknya masyarakat yang tinggal di rumah, terjadi peningkatan sangat luar biasa dari pola menonton televisi,” kata Hary dalam acara Hari Pers Nasional di Jakarta, Senin, 8 Februari 2021.

Berita Populer  Pendidikan Jarak Jauh Karena Pandemi, UT Siap Bantu Kampus Lain

Perubahan ini tak lepas dari pergeseran tren konsumsi media di masyarakat selama pandemi. Dari catatan Hary tanoe, jumlah penonton televisi naik 12 persen selama pandemi. Sementara, jumlah pembaca online meningkat 40 persen.

Saat ini, MNC Group memiliki 4 stasiun televisi nasional yaitu RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews. “Total prime-time pangsa pemirsa meningkat menjadi 51 persen,” kata Hary. Ini adalah angka Free-to-Air (FTA) Television Performace yang ada di keempat stasiun televisi MNG Group per Januari 2021.

Berita Populer  WHO Nyatakan COVID-19 Sebagai Pandemi, Apakah Artinya Itu?

Tapi ia tidak merinci berapa besar pangsa MNC sebelum pandemi. Hary hanya menyebutkan bahwa posisi tertinggi dikuasai oleh RCTI sebesar 34,3 persen, lalu MNC TV 9,6 persen, GTV 6,5 persen, dan iNews 1,5 persen.

Selain stasiun televisi, kenaikan juga terjadi pada bisnis media online di bawah MNC Group pada Januari 2021. Hary mencatat total pengunjung bulanan mereka mencapai 73,8 juta pembaca dengan kenaikan 7,7 persen (month-to-month/mtm).

Berita Populer  Kocak, Satpam Semprot Wajah Tamu dengan Hand Sanitizer Bikin Publik Ngakak

Posisi tertinggi yaitu okezone.com dengan 31,3 juta pembaca bulanan (naik 22,7 persen) dan sindonews.com dengan 27,5 juta pembaca (naik 7,2 persen). Selanjutnya, kata Hary Tanoe, inews.id sebesar 14,8 juta (naik 12,9 persen) dan idxchannel.com dengan jumlah 200 ribu (naik 122,5 persen).

Baca: Hary Tanoe: MNC Terima 55 Persen Bagi Hasil Iklan dari YouTube hingga TikTok

Berita Terbaru