Bos Ethereum Sesumbar Pentingnya Cryptocurrency di Masa Modern

NKRIKU Mata uang digital atau kripto memang  menjadi investasi yang menggiurkan dan primadona di era teknologi saat ini. Kendati di sejumlah negara kripto dilarang keras hingga diharamkan.

Peluang keuntungan yang menggiurkan membuat sejumlah miliarder dunia pun turut berspekulasi di pasar kripto. Hingga tak jarang pasar kripto menjadi labil, manuver secara drastis.

Seiring dengan makin berseminya kripto, pembuat Ethereum, Vitalik Buterin menggambarkan dirinya sebagai seorang filsuf teknologi dalam sebuah wawancara Stakeborg Talks pada 11 Oktober. Ia bahkan menekankan pentingnya cryptocurrency di dunia modern.

Berita Populer  Menilik Harga Bitcoin dari Rp45 Ribu Sampai Rp700 Juta

“Saya pasti tidak suka menempatkan diri saya ke dalam kotak. Bisakah saya mengatakan menjadi seorang filsuf teknologi?” ujarnya sebagaimana dikutip dari Planet Crypto di Jakarta, Rabu (13/10/21).

Saat menjelaskan proses pemikirannya, Buterin mengungkapkan kesulitan dalam memilih teknologi atau filosofi.

” Saya berbicara tentang matematika, saya berbicara tentang ekonomi, saya berbicara tentang filosofi, apa arti desentralisasi dan sentralisasi, dan apa jenis desentralisasi yang berguna. Rasanya seperti hal-hal yang kami lakukan pada dasarnya baru,” terang Buterin, mengutip warta ekonomi.

Istilah ‘filsuf teknologi’ ini muncul setelah Buterin menjelaskan pendekatannya yang berubah terhadap pemikiran cryptocurrency.

Berita Populer  Alasan Elon Musk Sebut Bitcoin Sedikit Lebih Baik dari Uang Tunai

“Keahlian saya adalah yang terkuat dalam ide-ide yang lebih teoretis ini jika kita tidak mulai dari berpikir tentang bagaimana hal-hal yang sangat spesifik di dunia ini salah, dan mulai dari ‘Kami memiliki alat ini, bagaimana kami membuat cara terbaik untuk mengatur diri kita sendiri dengan alat-alat ini’,” katanya.

“Itulah area yang paling saya pikirkan: memikirkan bagaimana area yang berbeda ini bekerja dan tidak bekerja di ruang crypto,” tambahnya.

Di titik itulah Buterin merasa memiliki kemampuan terbaik untuk mengatakan hal-hal yang belum dikatakan orang lain. Namun, Buterin mengatakan komunitas crypto tidak bisa lagi bertahan di bidangnya sendiri. Karena itu, Buterin merasa penting bagi ruang crypto untuk terlibat dengan dunia nyata yang besar.

Berita Populer  Transaksi Saham Disebut Turun Lantaran Bitcoin, Ini Penjelasan Bos Indodax

“Sekarang cryptocurrency lebih besar, itu akan menjadi bagian dari seperti apa dunia di abad ke-21. Ada kemungkinan bahwa saya, Ethereum, dan komunitas crypto akan mulai terlibat dengan masalah tersebut dari waktu ke waktu,” tandas Buterin.

Dalam kesempatan yang sama, Buterin juga berbicara tentang masa depan Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO), menekankan perlunya lebih mendalam dan kekuatan pengambilan keputusan.[]

Berita Terbaru