by

BPNT Juni 2022 Cair Tanggal? Ini Jawabannya dan Cara Cek Penerima di cekbansos.kemensos

Pasang

NKRIku.com – Banyak pertanyaan yang muncul mengenai Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT Juni 2022 cair tanggal berapa.

Meskipun Kemensos masih melanjutkan pencairan sejumlah bansos, termasuk BPNT pada Juni 2022, namun belum ada kabar terkait tanggal berapa bantuan tersebut cair.

Berdasarkan penyaluran BPNT bulan-bulan sebelumnya, jadwal pencairan bantuan sembako tersebut dicairkan pada pertengahan hingga akhir bulan.

Namun apabila telah melewati akhir bulan namun BPNT Juni 2022 tidak cair-cair, maka bisa jadi Kemensos memberikannya secara rapel.

Dengan demikian, jadwal penyaluran BPNT Juni 2022 cair tanggal berapa belum bisa dipastikan lantaran dari pihak Kemensos juga belum ada keterangan lebih lanjut.

Untuk memastikan lagi, masyarakat bisa cek dengan login cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui nama penerima dan status penyaluran BPNT Juni 2022.

Adapun untuk cara cek nama penerima BPNT Juni 2022 dan status salur bantuan tersebut, masyarakat bisa melakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, login cekbansos.kemensos.go.id menggunakan perangkat yang dimiliki
  2. Kedua, lalu masukkan nama provinsi, kabupaten atau kota, dan kelurahan atau desa
  3. Berikutnya, segera input data diri sesuai KTP
  4. Selanjutnya, masukkan delapan huruf kode yang dipisahkan spasi pada kolom yang tersedia
  5. Refresh huruf kode apabila yang tertera di layar kurang jelas untuk mendapat yang baru
  6. Langkah terakhur klik Cari Data.

Apabila semua langkah di atas selesai dilakukan, nantinya bakal muncul informasi yang menunjukkan bahwa nama KTP yang dimasukkan mendapat BPNT atau tidak.

Selain itu, bakal muncul juga status penyaluran salah satu bansos dari Kemensos ini sudah disalurkan atau belum.

Bagi nama yang muncul dipastikan bisa mencairkan BPNT Juni 2022 Rp200.000 jika tertulis YA pada kolom status bantuan.

Untuk diketahui, BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai merupakan salah satu bantuan sosial atau bansos reguler yang rutin diberikan kepada nama yang sebelumnya telah mendapat bantuan Rp200.000 setiap bulan.

Sehingga, nama yang muncul usai login cekbansos.kemensos.go.id bisa segera ambil BPNT Rp200.000 apabila Kemensos sudah mengumumkan bahwa bantuan tersebut telah dapat dicairkan penerima.

Berbeda dengan PKH, BPNT ini tidak diberikan tunai dalam bentuk uang, namun harus dibelanjakan kebutuhan pangan sembako.

Penerima yang sudah mencairkan BPNT Juni 2022 ini bisa segera membelanjakannya dengan sembako yang berupa beras, telur, ayam, daging, dan buah sesuai arahan Kemensos.

Pasalnya, tujuan Kemensos menggulirkan program BPNT adalah untuk membantu ketahanan pangan masyarakat penerima yang merupakan masyarakat golongan miskin atau rentan.

Masyarakat juga perlu tahu bahwa untuk mendapatkan bansos ini tidak semudah itu lantaran ada proses pendataan yang dilakukan Kemensos selaku penyalur.

Bagi warga masyarakat yang ingin mendapat BPNT Rp200.000 rutin setiap bulan atau Rp2,4 juta dalam setahun, sebelumnya harus masuk dalam Data Terpadu Kesejehteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Untuk masuk ke dalam DTKS Kemensos, masyarakat bisa mengajukan diri secara langsung ke Kantor Kelurahan dengan membawa KK dan KTP.

Nantinya, data yang masuk bakal dimusyawahkan oleh perangkat desa terkait untuk proses lebih lanjut apakah layak dapat BPNT Juni 2022.

Selain mengajukan secara offline ke Kantor Kelurahan, masyarakat juga bisa mengusulkan diri secara online melalui fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos.

Fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos ini mempermudah masyarakat dalam sanggah sebagai penerima bansos BPNT Juni 2022.

Akan tetapi, kendati sudah mengajukan diri di DTKS Kemensos, baik secara langsung maupun online, masyarakat tidak secara otomatis bakal dapat bansos BPNT Juni 2022.

Pasalnya, Kemensos mempunyai aturan dan kebijakan tersendiri bagi penerima bansos sesuai variabel, syarat, dan kuota bantuan.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir lantaran mereka yang memenuhi syarat pasti bisa lolos sebagai penerima bansos BPNT Rp200.000.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul BPNT Juni 2022 Cair Tanggal Berapa? Berikut Jadwal dan Cara Cek Penerima di cekbansos.kemensos