by

BPS: Andil Harga Cabai dan Minyak Goreng Paling Besar Terhadap Inflasi Desember

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat inflasi Desember yang 0,57 persen karena kenaikan harga sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, andil inflasi sebesar 1,61 persen.

“Yang dominan pada kelompok ini sehingga andilnya besar pada inflasi Desember ini, pertama dari komoditas cabai rawit memberikan andil 0,11 persen, kemudian diikuti oleh minyak goreng memberikan andil sebesar 0,08 persen, dan juga telur ayam ras memberikan andil inflasi 0,05 persen,” kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers virtual Senin, 3 Januari 2022.

Kemudian kelompok transportasi memiliki andil terhadap inflasi sebesar 0,62 persen. “Inflasi ini lebih sebabkan karena kenaikan tarif angkutan udara dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,06 persen,” ujarnya.

Kemudian kelompok pakaian dan alas kaki memiliki sebesar 0,22 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,10 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,24 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,16 persen.

Pada kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya memiliki andil terhadap inflasi Desember sebesar 0,10 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,24 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,25 persen.

Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,10 persen. Sementara kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan.

Adapun tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Desember) 2021 dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Desember 2021 terhadap Desember 2020) sebesar 1,87 persen.

Komponen inti pada Desember 2021 mengalami inflasi sebesar 0,16 persen. Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender (Januari–Desember) 2021 dan tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun (Desember 2021 terhadap Desember 2020) adalah sebesar 1,56 persen.

Baca: Digugat Rp 24,9 Triliun karena Hak Cipta, Ini Tanggapan Gojek

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.