Buaya Muara, Pemburu Mematikan di Wilayah Perairan Indonesia

NKRIKU, Jakarta – Buaya dikenal sebagai salah satu pemangsa paling ganas yang menghabiskan banyak waktunya di air. Di dunia, banyak spesies buaya yang bisa ditemukan, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran paling besar. Spesies buaya dengan ukuran paling besar saat ini adalah buaya muara.

Ukuran buaya muara memang paling besar apabila dibandingkan dengan spesies buaya lain. Dilansir dari factsofindonesia.com, panjang buaya muara bisa mencapai 7 hingga 8 meter. Sementara itu, beratnya bisa mencapai sekitar 200 kg. Bahkan, sebagaimana dikutip dari p2k.unkris.ac.id, buaya muara yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur panjangnya mencapai 12 meter

Berita Populer  Peneliti LIPI Terpilih Sebagai ASEAN Science Diplomats

Di Indonesia, buaya muara dapat ditemukan di berbagai muara sungai atau perairan dekat laut. Dilansir dari tnkutai.org, buaya muara juga dapat ditemui di wilayah pinggiran sungai Kalimantan. Di Taman Nasional Kutai, buaya muara dapat ditemui di berbagai wilayah sungai berikut Sungai Guntung, Sungai Teluk Pandan, Sungai Sangkima, Sungai Sangatta, dan Sungai Kandolo.

Berita Populer  Ngeri! Lagi Asyik Mandi di Parit, Didi Tewas Diterkam Buaya

Sebagai pemangsa yang andal, buaya muara memiliki sebuah kemampuan unik. Dilansir dari mongabay.co.id, buaya muara memiliki kemampuan untuk mengenali pola-pola gerakan yang dibuat oleh mangsanya. Hal tersebut membuat buaya lebih mudah menerkam mangsanya. Selain itu, tubuh besar dan kuat yang dimiliki oleh buaya muara juga mempermudahnya dalam menerkam dan membunuh mangsa-mangsanya.

Berita Populer  Pidato Kenegaraan Jokowi Tanpa Dihadiri Mantan Presiden

Kemampuan berburu dan serangan buaya muara tidaklah main-main. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah menerbitkan suatu laporan mengenai jumlah serangan buaya di Indonesia dari tahun 2007 hingga 2014. Laporang tersebut menunjukkan bahwa dari 279 serangan buaya yang tercatat, 268 di antaranya dilakukan oleh buaya muara. Selain itu, 135 serangan membuat korban mengalami luka fatal yang berakibat kematian.

BANGKIT ADHI WIGUNA 

Baca: Pengamat Satwa di Jakarta Masih Ada Habitat Buaya Muara

Berita Terbaru