Buntut Sentilan Erick ke Pertamina Soal Toilet Berbayar, Legislator Minta Semua SPBU Turuti SOP

NKRIKU, Anggota Komisi VI DPR RI Rafli menanggapi arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait fasilitas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, termasuk toilet gratis. 

Ia pun mengimbau seluruh SPBU Pertamina, khususnya yang dikelola swasta untuk mengikuti aturan atau SOP terkait fasilitas layanan umum yang disediakan untuk masyarakat.

“Jika ada SPBU swasta tidak mengikuti prosedur (SOP), kita bisa anggap itu salah karena tak taat aturan,” jelasnya dilansir dari Antara, Rabu (24/11/2021).

Berita Populer  UU Cipta Kerja Inkonstitusional Bersyarat, DPR: Kami Terbuka Lakukan Perbaikan

Seharusnya fasilitas layanan umum di SPBU seperti mushola dan toilet umum yang nyaman dan bersih, tambahnya, selain itu, karena sifatnya pelayanan kepada masyarakat tentu saja toilet digratiskan.

Terkait adanya SPBU yang menarik tarif pada toilet yang disediakan, menurut dia, hal itu bukan kesalahan Pertamina, karena BUMN tersebut sudah menerapkan aturan yang tegas soal pelayanan kepada masyarakat.

Berita Populer  Jokowi Serahkan 18 Nama Calon Anggota Ombudsman ke DPR

“Jadi kalau ada toilet di SPBU yang tidak gratis, itu bukan salah Pertamina. Tetapi karena pengusaha SPBU swasta tersebut yang tidak patuh aturan atau SOP terkait fasilitas layanan umum yang sudah dikeluarkan Pertamina,” kata Rafli dalam keterangan tertulis.

Menurut Rafli, arahan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Pertamina terkait pelayanan umum di SPBU harus menjadi pelajaran bagi seluruh pihak, sehingga ke depan tidak terdapat lagi kejadian serupa. Pengelola SPBU harus memberikan pelayanan terbaik dan maksimal bagi masyarakat.

Berita Populer  PPKM Level 3 Nataru Batal, Anak Buah AHY: Pemerintah Jangan Plin plan Kayak Dulu-dulu

“Keberadaan toilet dan mushala di dalam area SPBU harus respresentatif. Harus menciptakan kenyaman bagi penggunanya. Teguran dari Erick harus jadi trigger, agar ke depan bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Pertamina juga harus memberikan pengawasan terhadap keberadaan SPBU-SPBU swasta agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Berita Terbaru