Buntut Tragedi Ryanair, Pesawat Belarusia Dilarang Terbang di Atas Langit Uni Eropa

NKRIKU.COM – Maskapai Belarusia dilarang terbang di atas wilayah udara Uni Eropa atau menggunakan bandaranya menyusul insiden ‘pembajakan Ryanair’ untuk menangkap seorang jurnalis.

Markas besar Uni Eropa, menyadur Euro News Sabtu (5/6/2021) mengatakan negara-negara anggotanya “diwajibkan untuk menolak izin operator Belarusia untuk mendarat, lepas landas atau terbang di atas wilayah mereka.”

Maskapai nasional Belarusia Belavia menjalankan penerbangan yang menghubungkan Belarus dengan sekitar 20 bandara di Eropa termasuk Paris dan Berlin.

Sanksi ekonomi tersebut diumumkan oleh para pemimpin Uni Eropa tak lama setelah insiden yang menyebabkan Roman Protasevich ditangkap bulan lalu.

Berita Populer  Boeing Akhiri Tahun Terburuk, Pesanan 737 MAX Laris Manis

Baca Juga:
Bangun Tidur di Pesawat, Wanita Ini Kaget Terdampar Ribuan Kilometer

Isolasi internasional Belarusia semakin dalam sejak insiden 23 Mei, di mana pengendali penerbangan Belarusia memberi tahu awak Ryanair tentang adanya dugaan ancaman bom.

Pihak berwenang Belarusia juga menginstruksikan mereka untuk mendarat di Minsk, di mana jurnalis Roman Pratasevich ditarik dari pesawat oleh pihak berwenang.

Sanksi lebih lanjut yang menargetkan industri utama Belarusia akan dibahas pada KTT G7 minggu depan di Inggris.

Berita Populer  Dokter Usul Rapid Test Antigen Solusi Bagi Penumpang Pesawat

Larangan terbang tersebut akan mulai berlaku pada Sabtu (5/6).

Protes Internasional

Baca Juga:
China Klaim Belasan Pesawatnya yang Dituduh ‘Nyusup’ Cuma Latihan Rutin

Protes dari pihak internasional terus mengalir pasca insiden tersebut. Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA) menangguhkan izin operasi maskapai nasional Belarusia, Belavia. CAA juga meminta semua maskapai Inggris agar menghindari wilayah udara Belarusia.

Simple Flying Selasa (25/05) melaporkan, tindakan tegas ini diambil sebagai kecaman Inggris atas insiden pesawat Ryanair yang mendarat darurat di bawah tekanan pemerintah Belarusia saat penangkapan aktivis oposisi.

Berita Populer  Lufthansa Kembali Terbang ke 20 Destinasi Wisata Mulai Juni

Anggota parlemen Inggris dan Sekretaris Negara untuk Transportasi, Grant Shapps mengonfirmasi keputusan itu di Twitter, beberapa jam setelah airBaltic mengalihkan penerbangan dari Belarusia.

Menteri transportasi Lithuania Marius Skuodis juga mengatakan LOT dan Wizzair akan menghindari wilayah udara itu.

Penerbangan Austrian Airlines dari Wina ke Moskow juga memilih mengelilingi Belarus, tidak terbang langsung di atasnya.

Selain itu, setiap penerbangan yang menuju ke Lituania, dari mana pun asalnya, harus menghindari wilayah udara Belarusia.

Berita Terbaru