Bupati Temanggung Surati Menko Airlangga, Minta Kebijakan Kenaikan Cukai Rokok Direvisi

NKRIKU Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menyatakan, penyerapan tembakau oleh industri masih belum maksimal. Padahal sudah memasuki bulan kedua dari musim panen raya tembakau.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, tertanggal 18 September 2020, yang dikutip Akurat.co, Jakarta, Minggu (20/9/2020).

Menurutnya hal itu terjadi lantaran pihak perwakilan pabrik rokok cenderung lambat menyerap tembakau petani. Alhasil, tidak ada keseimbangan pasokan dan permintaan yang mengakibatkan harga jual tembakau lokal sangat rendah. 

baca juga:
“Saat ini juga terdapat penumpukan tembakau di tingkat petani, pengepul, dan pedagang yang belum terserap oleh industri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Al Khadziq menuturkan, berbagai masalah yang menghambat kelancaran musim panen tembakau tahun ini antara lain karena pihak pabrik cenderung mengurangi volume pembelian tembakau. Hal ini di antaranya disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 dan juga dampak kenaikan cukai rokok kretek yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berita Terbaru