Buruh Jangan Disuruh Berkorban Terus, Kondisi Mereka Sudah Sulit

NKRIKU  Anggota DPR RI Obon Tabroni memberikan tanggapan terkait dengan adanya 11 (sebelas) kabupaten di Jawa Barat yang tidak mengalami kenaikan upah minimum jika mengacu pada PP No 36 Tahun 2011.

Adapun kesebelas kabupaten tersebut adalah Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Tasikmalaya.

“Buruh jangan disuruh berkorban terus, kondisi mereka sudah sangat sulit,” ujar Obon Tabroni lewat keterangannya, Selasa (23/11/2021).

Berita Populer  Viral! Bus Karyawan Tertahan di Penyekatan Tol Cikarang, Buruh Protes

Menurutnya, saat ini kondisi buruh terjepit dan serba sulit. Mereka diminta bersabar dengan upah yang standar dan terus dipacu untuk menggejot produktifitas agar ekonomi bergerak. Di saat situasi sulit pun, buruh diminta lebih bersabar agar ekonomi segera bangkit . 

Obon meminta kepada pemerintah, terutama di Jawa Barat untuk duduk bersama dengan stokeholder guna mencari solusi agar nasib buruh tidak terus memburuk.

Berita Populer  Jabar dan Bekasi Ajukan PSBB Covid-19 ke Menkes

“Sangat aneh kalau upah sampai tidak naik. Bahkan untuk wilayah Tasik dan Sumedang pun ikut-ikutan tidak naik, sementara upah di sana masih sangat rendah,” tegasnya

Dia menegaskan, tidak ada jaminan dengan upah murah pertumbuhan ekonomi dan investasi menjadi semakin baik. Sebaliknya, dengan tidak adanya kenaikan upah minimum, yang pasti daya beli buruh akan runtuh.

Berita Populer  Tinggal 13 Kabupaten Kota yang Belum Terpapar Covid-19

Seperti diketaui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah meresmikan peraturan terkait Upah Minimum tahun 2022. Kemnaker memastikan bahwa UMP tahun depan akan mengalami penyesuaian.

Peraturan ini disusun berdasarkan formula yang ada di UU Nomor 11 Tahun 2020 terkait Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 terkait Pengupahan. 

Berita Terbaru