Cara Cek Jangkauan dan Kekuatan Sinyal TV Digital di Rumah Anda

NKRIKU, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk beralih dari siaran TV analog ke TV Digital. Kemenkominfo menargetkan pada 2 November 2022 tahapan migrasi ini rampung dilakukan. Perluasan jangkauan sinyal dan siaran TV Digital menjadi fokus percepatan. 

Perluasan kekuatan jangkauan sinyal ini penting dilakukan sebab masyarakat bisa menikmati kualitas siaran TV Digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya. “Sekarang ini siaran TV Digital sudah menjangkau 87 dari total 112 wilayah layanan di Indonesia,” ujar Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI Kominfo. 

Berita Populer  Kominfo Diminta Gandeng Komnas HAM Bahas Wacana Blokir Medsos

Dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id, selain perlu menyiapkan Set Top Box DVD-2 dan antena digital, masyarakat yang akan beralih ke TV Digital terlebih dahulu harus mencari tahu apakah wilayahnya sudah tersedia siaran TV Digital apa belum. Salah satu caranya dengan mengecek jangkauan dan kekuatan sinyalnya terlebih dahulu. 

Berita Populer  Kominfo Teken Kontrak Rp 7,5 T Demi Jaringan 4G di 2.700 Desa

Untuk melakukan pengecekan terhadap jangkauan sinyal TV Digital, pemerintah menyediakan aplikasi bernama SinyalTVDigital. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore atau Appstore. Berikut cara cek jangkauan sinyal TV Digital di rumah Anda seperti dikutip Tempo dari akun Twitter resmi @kemenkominfo, 14 Januari 2022: 

Unduh aplikasi “SinyalTVDigital” di Playstore atau Appstore. Setelah selesai terpasang di ponsel pintar Anda, segera buka aplikasi tersebut. Lalu, aplikasi akan meminta izin akses lokasi Anda. Klik “Izinkan”. Tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi di tempat Anda berada. Di bagian kiri bawah terdapat kolom “Legend”. Jika Anda buka, kolom tersebut akan menampilkan informasi, di mana lokasi sinyal TV Digital dengan keterangan kuat hingga lemah. Silakan cek pada peta warna yang muncul. 

Berita Populer  Tahun Ajaran Baru, KPAI Dorong Internet Gratis di Jam Belajar

HARIS SETYAWAN

Baca juga: Cara Memilih STB yang Benar untuk Beralih ke TV Digital

 

Berita Terbaru