Cara Daftar EFIN Online, Aktivasi dan Persyaratannya

NKRIKU.COM – Bagi para WP (Wajib Pajak) yang akan melaporkan SPT Tahunan pribadi melalui e-Filing, diwajibkan untuk mempunyai EFIN pajak. Apa itu EFIN? Dan, bagaimana cara daftar EFIN online?

Perlu diketahui, bagi para WP yang akan melakukan pelaporan SPT Tahunan biasanya akan ditanyakan nomor EFIN. Bagi para WP yang baru menggunakan pelaporan SPT Tahunan online, mungkin masih asing dan bingung apa itu EFIN.

Jadi EFIN (Electronic Filing Identification Number) ini merupakan nomor identitas yang terdiri dari 10 digit yang diterbitkan pihak DJP (Direktorat Jenderal Pajak) kepada WP (wajib pajak) di seluruh Indonesia agar dapat melakukan e-Filing atau transaksi online dengan DJP.

Berita Populer  PNBP Perikanan Tangkap 2020 Cuma 66,69 Persen dari Target

Dengan EFIN memungkinkan para WP (wajib pajak) orang pribadi melakukan pelaporan SPT tahunan secara online serta terenkripsi dengan aman juga rahasia. Berikut cara daftar EFIN online. 

Baca Juga:
Dampak Relaksasi Pajak, Penjualan Februari Diprediksi Anjlok

Cara daftar EFIN Online

Untuk mendapatkan nomor EFIN, kamu harus daftar terlebih dulu. Adapun cara daftar EFIN online seperti berikut ini. Simak baik-baik ya para Wajib Pajak.

Berita Populer  Tarik Ulur Pemerintah Soal Mobil Baru Bebas Pajak

Login dan Isi Formulir EFIN

Langkah pertama, buka situs online-pajak.com. Setelah itu, login dan isi formulir pendaftaran akun. Lalu, isi formulir untuk aktivasi EFIN.  Setelah data terisi, unduh dan isi formulir EFIN, lalu cetak.

Langkah selanjutnya yaitu ajukan formulir ke KPP. Perlu diketahui,  permohonan aktivasi EFIN ke pihak KPP ini tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Namun, bagi para karyawan perusahaan, permohonan EFIN bisa dilakukan secara kolektif.

Berita Populer  Kemenkeu Tebar Insentif ke 355 Ribu Wajib Pajak

Adapun beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan untuk dibawa ke KPP atau KP2KP (Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak) terdekat yaitu sebagai berikut.

Baca Juga:
Sepeda Brompton Harus Dilaporkan ke Pajak SPT 2021

Formulir aktivasi EFIN pajak yang sudah diisi lengkapAlamat email aktifKTP bagi WNI dan KITAS/KITAP bagi WNA (asli dan fotocopy)NPWP (asli dan fotocopy)

Setelah nomor EFIN sudah kamu dapatkan, pastikan nomor tersebut tidak kamu sebar untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Berita Terbaru