Cara Hindari Card Skimming, Penyebab Rekening Terkuras


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Nasabah perbankan perlu mengantisipasi risiko pencurian informasi dari kartu kredit dan debit melalui mesin ATM (card skimming). Jika itu terjadi, saldo nasabah bisa terkuras habis.

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkap skimming ATM dilakukan dengan mengkloning kartu yang bahkan bisa dilakukan dari jarak jauh. Lalu, pelaku juga menyiapkan kamera pengintip pin.

“Kalau kloning, kartu harus fisik digesekkan ke alat yang biasanya disamarkan,” ujar Alfons kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Berita Populer  Cara Ganti Kartu ATM Chip

Lalu bagaimana cara menghindarinya? Berikut informasi yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber.

1. Tutup tangan ketika memasukkan PIN di mesin ATM
Card skimming tetap membutuhkan PIN dari korban. Untuk itu, biasakan menutup tangan ketika sedang memasukkan nomor PIN di mesin ATM untuk menghindari PIN diintip melalui kamera rahasia.

Berita Populer  Indef Khawatir Kredit Macet Perbankan Tumbuh Dua Digit Pasca-pandemi

2. Hindari menggunakan ATM di lokasi sepi
Mesin ATM yang sepi dan gelap bisa menjadi lokasi ideal bagi pelaku untuk melakukan persiapan card skimming. Sebaiknya pilih lokasi ATM yang berada di keramaian.

3. Ganti PIN secara berkala
Sebaiknya tidak menggunakan PIN yang sama dalam jangka waktu lama. Dengan mengganti PIN secara berkala nasabah dapat menghindari kejahatan card skimming.

4. Pakai kartu debit atau kredit dengan teknologi chip
Kartu ATM yang menggunakan chip biasanya sudah terenskripsi atau melalui proses pengamanan informasi dengan membuat informasi tidak dapat dibaca tanpa bantuan kode.

Berita Populer  Pemerintah Bolehkan Guru Honorer Ikut Program Tapera

5. Rutin pantau saldo
Saat ini melihat saldo rekening tidak perlu datang ke bank maupun ATM, cukup dengan telepon genggam. Dengan rutin memantau saldo, nasabah bisa cepat mengetahui dan melaporkan ke bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.

(sfr)

Berita Terbaru