Catat! 3 Cara Sembuhkan Kembali Keuangan Kamu

NKRIKU Walaupun saat ini kabar vaksin untuk COVID-19 semakin dekat dan jelas, namun belum tentu semua jenis pekerjaan atau bisnis yang akan langsung pulih.

Maka dari itu, mempersiapkan rencana keuangan untuk bangkit kembali di masa transisi nanti juga penting. Hal ini guna menunjang aktivitas kerja kamu sehari-hari atau kembali membuka bisnis.

Berikut cara memulihkan kembali keuangan kamu selama pandemi COVID-19.

baca juga:

1. Rencanakan Penghasilan Sampingan
Dalam dua minggu ini, fokuskan diri kamu untuk mencari penghasilan sampingan. Penghasilan tambahan bisa didapatkan dari pekerjaan sampingan atau berjualan kecil-kecilan.

Dengan memiliki penghasilan sampingan, kamu bisa kembali mengisi pos-pos anggaran seperti untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari.

2. Buat Rencana Keuangan dan Pangkas Pengeluaran
Catat semua pemasukan yang kamu dapatkan, termasuk gaji dan pesangon. Buat rencana keuangan, dan potong pengeluaran bulanan kamu. Beri batas pada setiap pos pengeluaran.

Dengan ini, kamu setidaknya bisa memiliki dana untuk modal untuk mencari peluang bisnis atau kembali mencari pekerjaan baru.

3. Ajukan Pinjaman Hanya Jika Kamu Benar-Benar Membutuhkan
Jika kamu memang harus mendapatkan dana tambahan dari pinjaman, untuk membangkitkan kembali bisnis atau untuk mengisi kebutuhan sehari-hari, maka pastikan kamu memilih pinjaman yang terpercaya dengan bunga rendah.

Pastikan juga kamu memiliki rencana keuangan untuk pelunasan pinjaman. []

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru