Cegah Kondisi Buruk Akibat Covid-19, Akademisi UI Sarankan Pemerintah Terapkan PSBB Total Serentak

Akademisi Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hermawan Saputra menjadi salah seorang yang menyarankan pemerintah mengambil kebijakan tegas berupa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total.

Menurutnya, PSBB Total bisa efektif seperti lockdown jika diterapkan secara serentak di seluruh daerah terdampak Covid-19. Di mana jumlahnya kini telah mencapai 505 kabupaten/kota di 34 provinsi.

Berita Populer  24 Raperda Disetujui Masuk Propemperda 2021, 15 Di Antaranya Raperda Baru

“Tidak harus lockdown tapi PSBB serentak dalam semua kawasan,” ujar Hermawan saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/12).

Untuk mendukung hal tersebut, Hermawan melihat berbagai program bantuan pemerintah bisa memitigasi terjadinya dampak ikutan Covid-19, yakni terkait ekonomi masyarakat dan negara.

Berita Populer  Anis Byarwati: Gelontoran Dana Rp 20 Triliun Untuk Jiwasraya Mencederai Hati Rakyat

“Kita gunakan fase relaksasi ekonomi saat ini untuk persiapan yang pada saatnya akan ada untuk menarik rem darurat, yang tidak hanya parsial di DKi tapi diseluruh wilayah,” katanya.

Bentuk kebijakan ini, diharapkan Hermawan, bisa diambil oleh pemerintah, mengingat negara lain lebih berani mengambil kebijakan lockdown untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Berita Populer  Balada Ismunandar Dan Encek Unguria, Korupsi Di Tengah (Bersama) Keluarga

“Ini harus dilakukan mau enggak mau. Negara lain bahkan lebih ekstrem, lockdown berkali-kali. Kita tidak ingin juga demikian tetapi pemerintah harus tegas,” ungkapnya.

“Sejauh ini kita membiarkan seolah-olah virus akan hilang dengan sendirinya, padahal sangat tidak mungkin,” demikian Hermawan Saputra.

Berita Terbaru