Cegah Peningkatan Covid-19, Masyarakat Diminta Disiplin 3M Selama Libur Akhir Tahun

JAKARTA, NKRIKU – Masa libur panjang Natal dan akhir tahun diharapkan jangan menjadi musim panen kasus virus corona (Covid-19). Pengalaman masa libur panjang sebelumnya, peningkatan jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif  terjadi dua pekan setelahnya. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, dalam mengantisipasi masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021, Satgas Penanganan Covid-19 Pusat mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk mengoptimalisasi penegakkan disiplin protokol kesehatan. 

Berita Populer  Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Didenda Rp3,5 Juta karena Langgar Lockdown

“Setiap periode libur panjang berlangsung, panen kasus pasti akan terjadi pada 10 – 14 hari setelahnya,” ujar Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (3/12/2020). 

Berita Populer  Uji Fase 2 Vaksin Covid-19 Ad5 di Cina Aman dan Picu Respons Imun

Menurutnya, pemerintah daerah harus berani dan tegas membubarkan kerumunan serta melaksanakan amplifikasi kampanye 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.  

Selain itu, masyarakat juga diminta bijaksana dan sadar untuk meminimalisasi mobilitas karena temuan dari Yilmazkuday 2020, menunjukkan peningkatan intensitas untuk tetap di dalam rumah. Dari hasil studinya, dengan menurangi kunjungan ke area publik sebesar 1%, sudah dapat mengurangi puluhan kasus dan kematian Covid-19 per minggu. 

Berita Populer  Update Corona DKI 2 Oktober: 76.619 Positif, 62.279 Sembuh

“Temuan ini harusnya dapat memotivasi kita semua untuk mengambil pilihan bijak yaitu tinggal di rumah dan menghindari keramaian,” ucapnya. 

Editor : Kurnia Illahi

Share

Share

Berita Terbaru