CEK FAKTA: Air Keran Positif Covid-19 saat Dites Antigen, Benarkah?

NKRIKU.COM – Beredar informasi dari akun Facebook Sportss Giffts berupa sebuah video seorang satpam yang melakukan tes antigen dengan menggunakan air keran. Ternyata, air keran tersebut menampilkan hasil positif Covid-19.

Postingan ini disukai sebanyak 10 kali, dikomentari 1 kali, dan disebarkan kembali 32 kali.

Berikut narasi yang beredar:

“Sangat disesalkan air kran saja ada virusnya.” 

Baca Juga:
Duh, Sampah Numpuk di Jembatan Gadang Kota Malang hingga Timbulkan Bau Menyengat

Berita Populer  Istri Ngidam Uang Rp 10 Juta, Suami Ngeluh Tiap Hari Makan Telur dan Tempe

Air Keran Positif Covid-19 Saat di Tes Antigen, Benarkah (Turnbackhoax.id)Air Keran Positif Covid-19 Saat di Tes Antigen, Benarkah (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah klaim tersebut?

Menurut penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Media NKRIKU.COM, hoax ini sudah berulang kali muncul dengan video yang berbeda.

Dicky Budiman, selaku Epidemiolog Universitas Griffith Australia menjelaskan bahwa informasi tentang air keran positif Covid-19 dengan menggunakan alat tes antigen adalah tidak benar.

Ia menjelaskan SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui air tetapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan bisa terdeteksi oleh alat.

Berita Populer  Pemerintah Total Distribusikan 70,4 Juta Vaksin Gratis ke Seluruh Indonesia

Penggunaan alat tes antigen pada video tersebut menguji sampel yang bukan semestinya sehingga PH dari alat tes antigen terganggu dan merusak antibodi pada film alat. Oleh sebab itu, hasil yang dikeluarkan tidak valid.

Baca Juga:
Blak-blakan, Dokter Tompi Bilang Media Musuh Terbesar Selama Pandemi Covid-19

Alat tes antigen sendiri hanya bisa digunakan dengan menggunakan sambil yang diambil dengan swab yang dimasukkan melalui hidung bukan dengan menggunakan sampel air ataupun cairan lainnya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta NKRIKU.COM. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi NKRIKU.COM, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Berita Populer  VIDEO: 15 Juli, Kasus Positif Tembus 80 Ribu

Berita Terbaru