Cek Fakta: Dikabarkan Ribka Tjiptaning, Kader PDIP, Sebut Ibu Jokowi Ketua Gerwani PKI

SUKABUMI – Beberapa waktu lalu, tersebar info di medsos Facebook sebuah sebuah unggahan foto salah satu anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuang, Ribka Tjiptaning.

Foto tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Dian Limaran dengan menyertakan sebuah narasi yang berbunyi sebagai berikut.
“Saya PKI. Jokowi tak berani Gebuk saya, karena ibunya ketum Gerwani PKI,” tulis akun Facebook Dian Limaran.

Unggahan foto beserta narasi sangat penjang yang ia bagikan dalam sebuah grup dengan nama ‘Anies Sandi Menuju RI-1’.

Pada narasi postingan foto itu, disebutkan bahwa Jokowi dan silsilah keluarganya merupakan simpatisan dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Mengutip keterangan unggahan dari laman Instagram Mafindo @turnbackhoaxid oleh nkriku.com, Ribka Tjiptaning tidak pernah menyatakan “Saya PKI” melainkan hanya menulis kalimat “Aku Bangga Jadi Anak PKI” pada judul bukunya di tahun 2002 silam.

Seperti kita ketahui, sejarah PKI sendiri telah berakhir setelah Gerakan 30 September 1965, yang kemudian disusul dengan pembantaian secara besar-besaran terhadap anggota dan simpatisan PKI.

Dalam Ketetapan MPRS Nomr 25 Tahun 1966 pun sudah jelas tercantum bahwa PKI telah dibubarkan. Sehingga, sejak saat itu, tidak ada lagi aktivitas PKI di Indonesia.

Berita Populer  Demokrat-PDIP Mesra di Pilkada, Kerja Sama di 28 Daerah

Selain itu, jika melihat kelahiran Ribka yang lahir pada 1 Juli 1959, maka tepat pada tahun 1965, Ribka baru menginjak usia 6 tahun.

Adapun, asal-usul keluarga Jokowi pernah ditulis bersama oleh Wawan Mas’udi (dosen UGM) dan Ramdhon (dosen UNS) dalam buku “Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana” yang diluncurkan pada Desember 2018.

Dalam buku tersebut diketahui bahwa kakek Jokowi dari jalur ayah, Lamidi Wiryomiharjo, merupakan Kepala Desa di Desa Krajan, Karanganyar, yang menjabat sejak 1950 hingga 1980-an.

Pada masa orde baru, jika ada orang yang memiliki sangkut paut dengan PKI tidak mungkin terpilih menjadi Kepala Desa.

Kemudian ibunya Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943 di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Sudjiatmi menikah dengan Widjiatno Notomihardjo pada 1959. Pasangan ini lalu pindah dari Boyolali ke Srambatan, Solo bagian utara. Pada 21 Juni 1961, lahir anak pertama mereka, Joko Widodo.

Dengan demikian, klaim Ribka Tjiptaning yang mengatakan “Saya PKI. Jokowi tak berani Gebuk saya, karena ibunya ketum Gerwani PKI” adalah klaim yang salah atau keliru.

Berita Populer  INFOGRAFIS: Jagoan PDIP yang Tersisa di Pilkada Tanah Minang

Klaim yang beredar tersebut termasuk ke dalam klaim menyesatkan, sehingga klaim tersebut membuat pembaca memperoleh informasi yang dikategorikan hoaks atau tidak benar.

Jika dikategorikan dalam Disinformasi dan Misinformaai yang dibuat Firts Draft, maka unggahan tersebut dapat disebut sebagai konten yang menyesatkan atau Misleading Conten.

View this post on Instagram

Akun facebook bernama Dian Limaran mengunggah foto Ribka Tjitaning, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan disertai tulisan "Saya PKI. Jokowi tak berani Gebuk saya, karena ibunya ketum Gerwani PKI" pada gambar. Pada narasi postingan foto itu, disebutkan bahwa Jokowi dan silsilah keluarganya merupakan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI). . Berdasarkan penelusuran, dilansir dari tempo.co, Ribka tidak pernah menyatakan “Saya PKI” melainkan hanya menulis kalimat “Aku Bangga Jadi Anak PKI” yang judul bukunya di tahun 2002. . PKI sendiri telah berakhir setelah Gerakan 30 September 1965 yang disusul dengan pembantaian besar-besaran terhadap anggota dan simpatisan PKI. Pembubaran PKI pun telah dituangkan dalam Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966. Sejak saat itu, tidak ada lagi aktivitas PKI di Indonesia. Selain itu, Ribka lahir pada 1 Juli 1959. Pada 1965, Ribka baru berusia 6 tahun. . Adapun, asal-usul keluarga Jokowi pernah ditulis bersama oleh Wawan Mas’udi (dosen UGM) dan Ramdhon (dosen UNS) dalam buku "Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana" yang diluncurkan pada Desember 2018. . Dalam buku tersebut diketahui bahwa kakek Jokowi dari jalur ayah, Lamidi Wiryomiharjo, merupakan Kepala Desa di Desa Krajan, Karanganyar, yang menjabat sejak 1950 hingga 1980-an. Pada masa orde baru, orang tersangkut PKI tidak mungkin terpilih menjadi Kepala Desa. . Dilansir dari Tirto.id, Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943 di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Sudjiatmi menikah dengan Widjiatno Notomihardjo pada 1959. Pasangan ini lalu pindah dari Boyolali ke Srambatan, Solo bagian utara. Pada 21 Juni 1961, lahir anak pertama mereka, Joko Widodo. . Sumber: Tempo.co Tribunnews.com Radarsolo.jawapos.com Tirto.id Wikipedia.org #turnbackhoax #Mafindo #Mafindo2020 #cekfakta #dirumahaja

A post shared by MAFINDO – Turn Back Hoax (@turnbackhoaxid) on

Berita Terbaru