CEK FAKTA: Mobil Dinas Baru Presiden Harga Rp 12 Miliar Dibeli saat Pandemi, Benarkah?

NKRIKU.COM – Beredar narasi pemerintah membeli mobil dinas baru bagi presiden seharga Rp 12 miliar saat pandemi virus corona berlangsung.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Brad Harris di grup “JOKOWI PRESIDEN GAGAL”. Akun ini memposting gambar seorang yang mirip Presiden Joko Widodo alias Jokowi sedang duduk di dalam mobil mewah.

Dalam narasinya, Brad mengklaim bahwa Presiden membeli mobil dinas baru bermerek Mercy atau Mercedes-Benz Pullman Guard S600. Mobil itu dibeli seharga Rp12 miliar pada tahun 2020.

Berita Populer  Penjemput Paksa Basuh Muka dengan Air Liur Jenazah Covid-19

Akun ini menyebut mobil dibeli di tengah hantaman pandemi Covid-19. Postingan Brad itu telah mendapat 543 likes dan telah dibagikan 13 kali.

Baca Juga:
Tragis! Dampak PPKM, Pengusaha Persewaan Sound System di Boyolali Tak Kuat Beli Beras

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Katanya ini foto editan / hoax, bs jg bener hoax, tp mobil Mercy Pullman Guard S 600, dg harga berkisar 12 M ini bkn hoax.

Ini mobil dinas presiden yg baru, yg katanya si presiden tersebut adalah presiden yg ngerakyat. Dibeli thn 2020 saat pandemi copid dimana banyak rakyat yg hidupnya pd susah.”

Berita Populer  Jokowi Akui Ekspor RI Masih Tertinggal dari Vietnam

CEK FAKTA Mobil Dinas Baru Presiden Harga Rp 12 Miliar Dibeli Saat Pandemi. (Turnbackhoax.id)CEK FAKTA Mobil Dinas Baru Presiden Harga Rp 12 Miliar Dibeli Saat Pandemi. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Baca Juga:
Kenapa Angka Kematian Covid-19 di AS Relatif Rendah, Meski Kasus Baru Tinggi?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan NKRIKU.COM, narasi mobil dinas baru seharga Rp 12 miliar bagi presiden tidak benar.

Berita Populer  Jumlah Orang Miskin Diprediksi Nambah 5,71 Juta karena Corona

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta NKRIKU.COM. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi NKRIKU.COM, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Berita Terbaru