CEK FAKTA: Orang Pernah Positif Covid-19 Punya Imunitas Lebih Baik dari Orang Divaksin?

NKRIKU.COM – Beredar narasi menyebutkan orang yang pernah terinfeksi Covid-19 memiliki imunitas lebih baik dari orang yang disuntik vaksin Covid-19.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Twitter bernama @allisonpearson. Akun tersebut juga melampirkan bukti klaim berupa laporan yang diterbitkan resmi oleh Badan Statistik Nasional Inggris.

Berikut narasi yang diunggah oleh akun tersebut:

“Here’s the official data showing people with natural immunity do better than the double vaxxed:
Coronavirus (COVID-19) Infection Survey technical article: analysis of reinfections of COVID-19 – Office for National Statistics
https://www.ons.gov.uk/peoplepopulationandcommunity/healthandsocialcare/conditionsanddiseases/articles/coronaviruscovid19infectionsurveytechnicalarticleanalysisofreinfectionsofcovid19/june2021″

Berita Populer  Ditjen PAS Usut Konten Youtube Siti Fadilah-Deddy Corbuzier

Baca Juga:
CEK FAKTA: Benarkah Rumah Ibas Putra Bungsu SBY Disegel KPK?

Terjemahan:

“Ini adalah data resmi yang menunjukkan orang yang imunitas natural (infeksi alami) lebih baik daripada double vaksin.
Artikel teknis Survei Infeksi Coronavirus (COVID-19): analisis infeksi ulang COVID-19 – Kantor Statistik Nasional”.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

Orang pernah kena covid-19 punya imunitas lebih kuat dibandingkan orang divaksin (Turnbackhoax.id)Orang pernah kena covid-19 punya imunitas lebih kuat dibandingkan orang divaksin (Turnbackhoax.id)

Berita Populer  FOTO: Bersih-bersih Monas dari Virus Corona

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan NKRIKU.COM, Kamis (29/7/2021), klaim yang menyebut orang yang pernah terinfeksi Covid-19 memiliki imunitas lebih baik dari orang yang disuntik vaksin Covid-19.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Driver Ojol Minta Jokowi Tak Cengengesan dan Turun dari Jabatan, Benarkah?

Setelah ditelusuri, ternyata laporan yang dijadikan bukti atas klaimnya itu sama sekali tidak membuat perbandingan mana yang lebih kebal antara orang yang sudah divaksin dengan orang yang pernah terinfeksi Covid-19.

Berita Populer  Rapid Test, 9 Pegawai PN Jakpus Reaktif Termasuk Hakim

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta NKRIKU.COM. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi NKRIKU.COM, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Berita Terbaru