Cek Fakta: Tersebar Kabar Presiden Jokowi Sebagai Anak Ketua PKI DN Aidit

NKRIKU.COM – Kembali lagi tersebar postingan di media sosial Facebook yang menghubungkan Presiden Joko Widodo dengan PKI. Tak main main, unggahan tersebut mengklaim bahwa Jokowi adalah anak dari mantan pentolan Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit.

Dilansir dari bekasi.pikiran-rakyat.com, klaim tersebut disebut pengunggah karena didasari DN Aidit pada saat itu sering berkunjung ke Kota Solo, Jawa Tengah untuk menemui seorang wanita bernama Sulami.

Setelah ditelusuri lebih jauh mengenai informasi tersebut adalah tidak benar alias HOAKS.

Informasi klaim itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Mulyono Alit pada Senin, 22 Juni 2020 pada pukul 2.51 WIB dengan menuliskan narasi sebagai berikut.

Berita Populer  TikTok Palsu Beredar di India Pasca Blokir, Malware

“Kenapa dulu DN Aidit sering ke solo? Ternyata acara bercinta dengan Sulami. Maka lahirlah seorang anak bernama JOKOWI,” kata akun Facebook Mulyono Alit.

Cek Fakta: Tersebar Kabar Presiden Jokowi Sebagai Anak Ketua PKI DN Aidit
Cek Fakta: Tersebar Kabar Presiden Jokowi Sebagai Anak Ketua PKI DN Aidit

Unggahan Mulyono Alit tersebut mendapatkan respons dari warganet dengan meraup 501 komentar serta 30 kali dibagikan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam situs remisnya, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com, Rabu 24 Juni 2020, memberikan fakta sebenarnya mengenai informasi yang diklaim akun Facebook Mulyono Alit.

Faktanya adalah kelahiran Presiden RI Joko Widodo tidak ada kaitannya dengan DN Aidit. Jokowi merupakan putra dari pasangan almarhum Wijiatno Notomiharjo dan almarhumah Sujiatmi.

Berita Populer  Jokowi Resmikan Tower AirNav di Bandara Kulon Progo, Ini Keunggulannya

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dilahirkan di Rumah Sakit (RS) Brayat Minulyo, di Kota Solo pada 21 Juni 1961.

“Ayah Jokowi, memiliki perawakan tubuh tinggi dan besar. Pengusaha kayu ini juga setia memelihara kumis tebal,” kata laporan salah satu media Tanah Air pada 17 Januari 2017.

Dalam artikel itu juga disebutkan bahwa ayah Jokowi merupakan sosok pria berparas halus dan gagah saat muda. Ia juga dinilai jago bermain gobak sodor atau dalam bahasa Inggris disebut go back through the door.

Berita Populer  Jokowi Minta Penegak Hukum Gigit Oknum yang Korupsi Dana Penanganan Covid-19

Almarhum Wijiatno Notomiharjo kala muda memiliki tunggangan sepeda motor BSA buatan The Birmingham Small Arms asal Inggris tahun 1950-an.

Dengan penjelasan di atas maka klaim dari akun Facebook Mulyono Alit yang mengklaim bahwa Jokowi merupakan anak dari pentolan PKI DN Aidit adalah hoaks.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan jangan mudah mempercayai kabar yang berembus sebelum melakukan pengecekkan informasi secara menyeluruh, terutama informasi tersebut apakah berasal dari sumber yang terpercaya atau bukan.***

Berita Terbaru