CEK FAKTA: Viral Video Roket Jatuh Usai Lewati Langit Indonesia, Benarkah?

NKRIKU.COM – Beredar video dengan narasi sebuah roket telah jatuh setelah melewati teritorial langit di Indonesia dan Malaysia.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Arkha Ajhy (fb.com/arkha.ajhy.3) pada 9 Mei 2021. Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan momen roket yang jatuh.

Dalam keterangannya, akun ini menyebut roket itu telah melewati Indonesia dan Malaysia sebelum jatuh. Ia mendoakan agar orang di dalam roket itu diberi keselamatan.

Adapun narasi yang dibagikan dalam video sebagai berikut:

Berita Populer  Shopee Sebut Logo Shopeefood Dicatut Dalam Poster Aksi Jokowi End Game

Baca Juga:
Aksi Tak Terduga Pedagang Tahu: Sempat-sempatnya Belanja Online Pas Ngulek Bumbu

“Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”

“Alhamdulillah Terima kasih Ya Allah Roket udah lewatin Indonesia Malaysia Semoga dimna pun jatuh nya.. di beri keselamatan dan selalu Allah Lindungi”

CEK FAKTA Viral Video Roket Jatuh Usai Lewati Teritorial Langit Indonesia. (Turnbackhoax.id)CEK FAKTA Viral Video Roket Jatuh Usai Lewati Teritorial Langit Indonesia. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan media NKRIKU.COM, adanya video yang diklaim sebagai roket yang jatuh setelah melewati langit Indonesia dan Malaysia merupakan konten yang salah.

Berita Populer  Viral Wanita Foto Berduaan di Kereta, Posisi Kaki Ramai Disorot Publik

Baca Juga:
Beredar Kartu Keluarga Nama Anaknya Unik-unik, Kayak Campuran Bahasa

Faktanya, roket itu jatuh bukan setelah melewati langit Indonesia atau Malaysia. Roket di video itu jatuh di Boca Chica, sebuah lokasi yang berdekatan dengan lokasi peluncuran SpaceX di Texas, Amerika Serikat pada 2 Februari 2021.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta NKRIKU.COM. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi NKRIKU.COM, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Berita Populer  Masih ada kesempatan daftar BLT UMKM Rp 2,4 juta, catat syaratnya

Berita Terbaru