by

CEK SEKARANG JUGA! Bansos PKH Tahap 4 2022 Cair Bersamaan Bansos Lain, Ini Daftar Nominal

Pasang

NKRIku.com – Berita bahagia untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), pasalnya menjelang akhir tahun bantuan yang mereka nanti-nantikan mulai disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Itu artinya Kemensos telah menyalurkan bantuan PKH yang terakhir di tahun 2022. Bantuan PKH tahap 4 ini juga disalurkan bersamaan dengan bantuan sembako (BPNT) periode bulan Oktober, November, Desember.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, penerima PKH juga harus memiliki komponen sebagai persyaratan yang ditetapkan sebagai peserta.

Nominal bantuan PKH yang diterima setiap orang berbeda-beda tergantung dari jumlah anggota keluarga dalam satu KK yang masuk dalam kategori penerima PKH.

BPNT pada awalnya dibuat oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan program Beras Miskin (Raskin) pada 2016 kepada KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera.

Dikutip dari AyoJakarta.com dan pkhpati.com pada Minggu (20/11/2022), berikut bansos lain yang ikut cair bersamaan dengan PKH tahap 4 2022 dan daftar nominalnya.

Dijelaskan pula mengenai mekanisme penyaluran bansos:

Dalam mekanisme penyaluran bantuan, tersedia beberapa titik salur, diantaranya balai desa, kantor kecamatan, atau kantor POS di setiap kecamatan.

Selanjutnya, KPM PKH datang ke titik salur tersebut dengan membawa undangan yang sebelumnya diberikan oleh aparat desa/petugas pos/pendamping PKH serta membawa KTP sebagai bukti bahwa penerima yang benar.

Kemudian jika ada yang berhalangan hadir pada saat jadwal yang telah ditentukan, KPM PKH tersebut dapat mengambil setelah mendapat jadwal susulan dari pihak kantor POS yang informasinya akan disampaikan ke aparat desa dan pendamping PKH.

Selain itu, untuk KPM lansia yang kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengambil bantuan di kantor POS, nanti bantuan tersebut akan diantar langsung oleh petugas POS ke rumah KPM dengan didampingi aparat desa dan pendamping PKH.

Lalu, berikut daftar nominal bantuan sosial PKH tahap 4 (indeks per tiga bulan) Kemensos, sesuai kategori yang ada:

  1. Anak sekolah SD akan menerima Rp225 ribu
  2. Anak sekolah SMP akan menerima Rp375 ribu
  3. Anak sekolah SMA akan menerima Rp500 ribu
  4. Disabilitas berat dan lansia akan menerima Rp600 ribu
  5. Ibu hamil dan anak usia 0 s.d. 6 tahun akan menerima Rp750 ribu

Sementara itu, untuk Keluarga Penerima Manfaat atau KPM baik itu Program Keluarga Harapan Tahap 4 (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dapat memeriksa penerimaan Bantuan Sosial oleh Kementerian Sosial melalui cara berikut ini.

Buka browser pada smartphone atau hape dan ketik link cekbansos.kemensos.go.id

Isi dan lengkapilah data diri sesuai yang dibutuhkan, jangan sampai ada yang terlewati.

Input kode dengan memasukkan 8 huruf yang sesuai dengan gambar yang tertera.

Apabila kesulitan, tekan tulisan “Captcha” untuk mendapatkan kode baru.

Kemudian klik “Cari data.”

Jika telah terdaftar sebagai penerima salah satu Bansos, pada sistem akan menampilkan informasi terkait hal tersebut dalam format Nama Penerima, umur dan daftar jenis bansos.

Kemudian, di kolom Bansos, misalnya PKH akan terdapat tulisan yang berisi Status “YA”, Keterangan “Proses PT Pos”, dan Periode “November 2022.”

Masyarakat yang merasa menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diharap segera memeriksa mendapatkan Bansos apa saja melalui tautan di atas agar Bantuan Sosial (Bansos) segera tersalurkan.***

Artikel ini telah tayang di ayojakarta.com dengan judul Cepat Cek! Bansos PKH Tahap 4 2022 Cair Bersamaan Bansos Lain, Ini Daftar Nominal