China Respons Keputusan Trump Setop Pendanaan AS untuk WHO

Jakarta, NKRIKU Indonesia — China mengomentari keputusan Presiden Donald Trump untuk menghentikan pendanaan dari Amerika Serikat untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO) di tengah pandemi virus corona.Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengaku pihaknya sangat khawatir atas pernyataan AS tersebut.

Berita Populer  IDI Kembali Berduka, dr Ignatius Stanislaus Tjahjadi Wafat Berstatus PDP

“China sangat mengkhawatirkan pengumuman AS untuk menangguhkan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Zhao Lijian dalam jumpa pers, Rabu (15/4) dilansir dari AFP.

Zhao menganggap keputusan AS yang dilakukan di era krisis dunia seperti saat ini bisa melemahkan kapasitas WHO sebagai organisasi yang berperan penting menangani permasalahan kesehatan, dan merusak kerja sama internasional dalam melawan pandemi virus.
Alih-alih membuat keputusan tersebut, Zhao mengatakan China meminta AS untuk memenuhi kewajibannya selama pandemi Covid-19 yang sudah meluas ke lebih dari 200 negara di dunia.”Kami mendesak Amerika Serikat untuk sungguh-sungguh memenuhi tanggung jawab dan kewajiban mereka, dan mendukung aksi internasional yang dipimpin WHO melawan epidemi,” kata Zhao, menambahkan bahwa badan tersebut memainkan “peran yang tak tergantikan” selama pandemi.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Berita Terbaru