by

DAFTAR BANSOS CAIR Agustus 2022, BPNT dan PKH Tahap 3, Cek Nama Penerima Login Di LINK INI

Pasang

NKRIku.com – Bantuan sosial (bansos) disalurkan oleh pemerintah di bulan Agustus 2022 ini untuk masyarakat Indonesia.

Bansos dapat dicairkan dengan memeriksa nama penerima manfaat (PM) melalui situs Kementerian Sosial (Kemensos) RI dengan login cekbansos.kemensos.go.id.

Bansos yang masih cair Agustus 2022 yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 3.

Jika ingin mengetahui nama penerima BPNT dan PKH tahap 3, bisa dengan dengan membuka situs cekbansos.kemensos.go.id hanya dengan menginput data KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Pencairan BPNT dan PKH tahap 3 hanya bisa dilakukan oleh masyarakat dengan KTP yang telah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos.

Masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos, bisa langsung mengecek nama penerima BPNT dan PHK tahap 3 dengan data KTP di website cekbansos.kemensos.go.id.

Jika ingin mengetahui nama penerima BPNT dan PKH tahap 3 yang cair Agustus 2022 dengan input data KTP di situs cekbansos.kemensos.go.id, yaitu:

  1. Tahap awal untuk cek nama penerima BPNT dan PKH yaitu login di cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Lalu, isi nama provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, dan desa pada kolom yang disediakan.
  3. Input nama lengkap sesuai dengan KTP.
  4. Jika sudah menginput data diri sesuai KTP, isi delapan huruf kode (dipisahkan spasi) yang disediakan dalam kotak “CAPTCHA”.
  5. Jika huruf kode tidak jelas, maka bisa klik ulangi untuk mendapatkan kode baru.
  6. Tahap terakhir yaitu dengan klik tombol “Cari Data” agar data penerima BPNT dan PKH yang masih cair bulan Agustus 2022 bisa ditampilkan.

Apabila langkah tersebut telah dilakukan, maka pencarian data di cekbansos.kemensos.go.id akan memunculkan data berbasis data DTKS Kemensos.

Data penerima BPNT dan PKH tahap 3 akan muncul yaitu dengan keterangan, seperti, nama, wilayah, dan kapan periode pencairan.

Jika nama dan NIK KTP telah muncul di pencarian cekbansos.kemensos.go.id, maka bisa dipastikan akan mendapatkan salah satu bansos dari Kemensos tersebut.

BPNT dan PKH ialah program bantuan sosial regular yang disalurkan oleh Kemensos dari pemerintah guna menanggulangi kemiskinan di masyarakat.

BPNT diberikan tiap bulan sebesar Rp200.000 kepada penerima manfaat, dan uangnya dapat digunakan untuk membeli bahan sembako berupa beras, telur, ayam, daging, dan buah, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Kemensos.

Sementara itu, untuk bansos PKH 2022 akan dicairkan dalam empat tahap, yaitu Januari-Maret tahap 1, April-Juni tahap 2, Juli-September tahap 3, dan Oktober tahap 4.

Bantuan PKH akan diberikan ke beberapa kategori penerima, yaitu wanita hamil, balita, siswa SD hingga SMA, lansia dan penyandang disabilitas berat.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Daftar Bansos yang Cair Agustus 2022, BPNT dan PKH Tahap 3, Cek Nama Penerima Login cekbansos.kemensos.go.id