Dalam Perjalanan ke Kantor, Mensos Sapa Pemulung dan Dilatih Kewirausahaan

NKRIKU.COM – Seperti kebiasaanya, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, hari ini menyapa pasangan suami istri, Anto dan Novi yang bekerja sebagai pemulung. Hal itu dilakukannya dalam perjalanan menuju kantor Kementerian Sosial (Kemensos), di Jalan Salemba Raya No 28, Jakarta Pusat.

Waktu masih menunjukkan pukul 06.00 WIB, Risma juga menyapa Siti Ropiah, seorang ibu dengan 2 anaknya yang sedang tidur di emperan toko, depan ITC Roxy Mas di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.

Berita Populer  Kadis Sosial Bantaeng Salurkan Bantuan APD dari Kemensos untuk Pensosmas

Setelah disapa, mereka diajak ke Balai Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, didampingi Tim Reaksi Cepat (TRC) Kemensos, untuk selanjutnya dilatih berbagai keterampilan dan kewirausahaan, agar mampu memperbaiki ekonomi mereka.

Sebelum diajak ke Balai Pangudi Luhur, mereka terlebih dulu dicek kesehatannya, untuk memastikan dalam kondisi yang sehat, termasuk terhadap anak-anak Siti.

Berita Populer  Risma Protes Mobil Lab PCR untuk Surabaya Dipindah, PDIP Minta Pemprov Jatim Lihat Prioritas

Baca Juga:
Kemensos akan segera Lelang 300 Hadiah dari Pihak Swasta

Anto, 53 tahun, sudah lima tahun memulung dan istrinya Riki Noviyanti, 26 tahun, menemani suaminya. Siti Ropiah, 27 tahun, merupakan pengangguran yang mengurus dua anak dan satunya masih bayi.

Sedangkan Yunita Triana, 24 tahun, dengan seorang anak dan sekarang menganggur, tapi sebelumnya kerja di laundry selama 1,5 bulan.

Pemulung dan pengemis merupakan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), yang diupayakan oleh Kemensos agar bisa mendiri secara ekonomi dengan bekal pembinaan kewirausahaan dan disalurkan kerja.

Berita Populer  Tri Rismaharini: Nanti Saya Dituduh Nggak Bisa Kerja

Dengan dilakukan upaya rehabilitasi sosial terhadap PPKS tersebut, maka negara telah hadir di tengah kelompok masyarakat yang rentan secara ekonomi sehingga kelak diharapkan bisa hidup layak dan mandiri.

Baca Juga:
Kemensos Hentikan Santunan ke Keluarga Korban Meninggal karena Covid-19

Berita Terbaru