oleh

Dandim 1415 Siapkan Perbantuan Pengamanan dan Jaminan Netralitas TNI di Selayar

Selayar, nkriku.com — Komandan Distrik Militer (Dandim) 1415 Kepulauan Selayar, Letkol. Arm. Yuwono, menegaskan sikap netralitas dan perbantuan TNI menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Selayar.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara pada kegiatan rapat koordinasi (rakoor) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar di warkop Mr. Yess Coffe, Jl MT. Haryono, Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng, Kepulauan Selayar, Rabu (6/2/2019).

Rakoor dilaksanakan dalam rangka penyampaian jadwal dan tahapan kampanye parpol, calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta Capres/Cawapres RI tahun 2019.

Baca juga  Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Sulsel Tiba di Selayar

Khusus pelaksanaan kampanye sampai kepada penghitungan suara berharap seluruh tahapan bisa berjalan aman, tertib, sejuk dan nyaman.

“Kalau yang dilakukan TNI, terkait pelaksanaan pemilihan umum dan Pilpres, sesuai UU nomor 34 tahun 2014. Dasar inilah sehingga TNI jika bukan dalam keadaan perang, siap memberikan pembantuan kepada polri, khususnya dalam hal kamtibmas, apalagi menjelang pesta demokrasi dan juga membantu pemkab,” kata Dandim 1415, Letkol Yuwono.

Baca juga  Dialog Publik Wawasan Kebangsaan, Ince Rahim: Saling Menghormati Satu Sama lain

Kodim 1415 Selayar, dalam pemberian pembantuan pengamanan tentang jalannya pemilu dan pilpres TNI tidak terlibat secara langsung tetapi memberikan pembantuan kepada polri.

“Awalnya, juga dikatakan sudah ada deklarasi tentang pemilu damai, yang dihadiri seluruh parpol dan bertandatangan. Artinya siap menjaga pemilu dengan baik yang aman, damai dan sejuk,” jelasnya.

TNI mempersiapkan diri untuk memberikan bantuan pengamanan pemilu, agar bisa berjalan dengan aman, kami sudah membuat posko dalam perbantuan sebanyak 1 peleton dan di tambahkan 1 kompi pasukan dan sebanyak tiga pleton yang akan disebar diseluruh Kecamatan dan sebagian akan stand by di Makodim.

Baca juga  Gelar Mubes, Pemerhati Lingkungan dan Budaya Tanadoang Siap Lestarikan Budaya Selayar

Sekedar diinfokan bahwa Kodim 1415 Selayar, bahkan rencana lakukan simulasi, pengendalian massa dan akan turunkan 100 orang.

Satu hal, TNI itu pasti netral sehingga seluruh parpol diharapkan tidak ada keraguan dan tidak usah sungkan menyampaikan keluhannya. (Rdz/Mj)

Loading...

Baca Juga: