by

Deposito Investasi Aman dan Rendah Risiko, Benarkah?

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Vonis hukuman 8 tahun penjara dan denda sebesar Rp15 miliar oleh Pengadilan Negeri Denpasar, Maidina Rizky Prasentari Putri seorang mantan Kepala Cabang Bank Mega Denpasar terbukti bersalah karena telah membobol deposito nasabah yang mencapai Rp 69 miliar. Apa sebenarnya deposito dan bagaimana ketentuannya? Mengapa deposito dipilih nasabah untuk menyimpan uang?

Melansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id deposito merupakan bentuk simpanan yang apabila ingin dicairkan hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu yang telah disepakati oleh nasabah dan bank. Dalam artian lain dana yang ditempatkan setelah deposito hanya bisa ditarik ketika masuk waktu jatuh tempo. Anda akan dikenakan biaya pinalti apabila mengambil dana deposito sebelum jangka waktu berakhir. Tapi, sistem pembekuan dana tersebut membantu Anda untuk terhindar dari menggunakan uang simpanan untuk keperluan yang tidak mendesak.

Anda bisa memilih jangka waktu, umumnya deposito dapat ditarik dalam jangka waktu sebulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan. Selain itu ada juga fasilitas Automatic Roll Over (ARO) yang merupakan perpanjangan deposito secara otomatis untuk jangka waktu yang sama, entah itu nominalnya sama atau nominalnya ditambah dengan bunga.

Sebagai salah satu pilihan investasi yang aman dan rendah risiko, bunga yang ditawarkan deposito lebih tinggi dari tabungan biasa. Namun Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin dana yang ditempatkan sebesar Rp2 miliar. Ditambah keuntungan bahwa deposit bisa dicairkan dalam bentuk mata uang rupiah atau mata uang asing. Adapula keunggulan deposito yakni bisa dijadikan jaminan kredit.

Untuk memiliki deposito, Anda perlu menyiapkan dana kemudian datang ke kantor cabang bank lalu minta bukti kepemilikan sertifikat Bilyet Deposito atau email konfirmasi untuk Deposito Online.

PUSPITA AMANDA SARI

Baca: Simak Bunga Deposito Terbaru di BCA, Bank Mandiri dan BRI

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.