Dianggap Berbahaya, Satgas Covid-19 Tak Rekomendasikan Tren Tali Masker

NKRIKU.COM – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tidak merekomendasikan penggunaan tali masker yang kini tren digunakan oleh masyarakat untuk menggantungkan masker ketika dilepas sementara.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan masker yang digantungkan dengan tali masker berpotensi mengurangi higienitas dari masker tersebut.

Berita Populer  Doni Monardo Minta Warga Sabar Tunggu Kebijakan Mudik Lebaran 2021

“Pemakaian kalung pada tali masker sebenarnya berpeluang mengurangi higienitas karena masker pada bagian sisi dalam habis dipakai sudah terkontaminasi droplet saat bicara, batuk, atau udara dari hasil hela nafas yang kotor,” kata Wiku saat jumpa pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Selain membahayakan diri sendiri, penggunaan tali masker juga membahayakan orang lain karena berpotensi terpapar melalui udara.

Berita Populer  Kasus Corona Indonesia Melonjak! Angka Kematian Nyaris Sentuh 19 Ribu Jiwa

Baca Juga:
Tambah Lagi 8.493 Kasus, Pasien Covid-19 RI Kini Tembus 1.314.634 Orang

“Kedua hal ini dapat menjadi sumber infeksi bagi orang di sekitarnya maupun terpapar droplet atau aerosol dari lingkungan dan dapat terhirup dan sumber infeksi bagi pemakainya,” jelasnya.

Berita Populer  Terapan Protokol Kesehatan Selaras dengan Prinsip Agama Islam

Wiku menyarankan, setiap orang harus mempunyai tempat penyimpanan masker yang higienis dan tertutup, sehingga tidak terkontaminasi saat akan dipakai kembali.

“Untuk mencegah hal ini maka yang paling terbaik adalah menggunakan kantung baik kertas atau berbahan lain yang aman untuk penyimpanan masker saat makan atau minum,” tutupnya.

Berita Terbaru