Dicopot Erick Thohir dari Dirut PLN, Zulkifli Zaini: Terima Kasih atas Amanahnya

NKRIKU, Jakarta -Zulkifli Zaini berterima kasih atas dukungan selama menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) sejak Desember 2019. RUPS PLN 2021 memutuskan mengganti Zulkifli dengan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN baru.

“Terima kasih atas amanahnya kepada saya menjadi Dirut PLN, BUMN dengan aset 1.600 triliun rupiah,” ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Desember 201.

Surat keputusan penggantian Zulkifli disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PLN dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Berita Populer  Erick Thohir Sebut Potensi Penurunan Bunga KUR UMKM

Zulkifli juga berterima kasih atas dukungan menteri dan wakil menteri BUMN, dewan komisaris, dan pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan dalam menerangi Indonesia.

Erick Thohir mengatakan Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, telah memimpin perusahaan dengan hati dan keikhlasan.

“Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi COVID-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban,” tutur Erick.

Berita Populer  Erick Thohir Disebut Ingin MIND ID IPO setelah Inalum

Dalam kurun dua tahun, PLN telah memperbaiki kinerja keuangan dan berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 345,4 triliun dan mencapai laba bersih Rp 5,99 triliun pada tahun 2020. Laba ini naik 39,3 persen dibandingkan pada tahun 2019. PLN juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp 452,4 triliun.

Erick menambahkan, dalam kepemimpinan Zulkifli, usaha transformatif juga dilakukan secara paralel sebagai salah satu garda dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional selama pandemi Covid-19.

Berita Populer  Erick Thohir Jadikan Jubir Jokowi Komisaris Waskita Karya

Kontribusi PLN melalui Diskon Listrik dengan target penerima 31,4 juta rumah tangga di tahun 2020 dan 32,6 juta rumah tangga di tahun 2021, telah membantu menjaga kestabilan ekonomi dan sosial di masyarakat.

CAESAR AKBAR

Baca juga: Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Direktur Utama PLN

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru