Diparkir di Gurun Mojave, Pesawat Qantas Jadi Sarang Ular

NKRIKU.COM – Teknisi maskapai penerbangan Qantas sepertinya memiliki rutinitas baru dalam melakukan perawatan rutin armadanya yang diparkir di Gurun Mojave.

Menyadur ABC News Selasa (08/06), mereka kini selalu memastikan agar pesawat yang sedang ‘istirahat’ itu tak menjadi sarang ular derik atau rattle snake.

Selain ular derik, pesawat juga sering menjadi rumah yang nyaman bagi kalajengking lokal yang tak kalah berbisa. Teknisi mengatakan, mahluk beracun itu sering berada di roda pesawat.

“Daerah ini terkenal dengan ‘rattlers’ yang bersemangat yang suka meringkuk di sekitar ban karet yang hangat dan di roda dan rem pesawat,” kata Tim Heywood, manajer Qantas untuk teknik di Los Angeles.

Berita Populer  Kemenhub Beri Izin Kursi Pesawat Diisi Penuh saat PPKM

Baca Juga:
Sarang Ular Cobra Ditemukan di Banyuasin, Isinya Mengejutkan

Untuk memastikan pesawat aman dari ular, mereka kini memiliki peralatan ekstra berapa gagang sapu yang dipakai untuk mengusir ular dari pesawat.

Ilustrasi. (Shutterstock)Ilustrasi pesawat Qantas. (Shutterstock)

“Setiap pesawat memiliki ‘wheel whacker’ sebagai bagian dari kit teknik, lengkap dengan registrasi masing-masing pesawat yang tertulis di atasnya,” katanya.

Berita Populer  MTI Sebut Kasus Penularan Covid-19 di Pesawat Sangat Sedikit

“Hal pertama yang kami lakukan sebelum membuka adalah memulai inspeksi darat mulai dari roda. Berjalan di sekitar pesawat, menghentakkan kaki kami dan mengetuk roda dengan wheel whacker untuk membangunkan dan menakuti ular,” katanya.

“Kami telah menemukan beberapa ular derik dan juga kalajengking, tetapi wheel whacker melakukan tugasnya dan mereka kabur.”

Ilustrasi ular derik (Shutterstock).Ilustrasi ular derik (Shutterstock).

A380, yang dalam keadaan normal jarang akan menghabiskan lebih dari satu hari di darat, masih membutuhkan perawatan yang cukup besar selama waktu istirahat mereka.

Baca Juga:
Horor! Warga Tangerang Temukan Sarang Ular Kobra di Samping Kasur

Berita Populer  Penumpang Pesawat di Bandara AP I Naik Hampir 3 Kali Lipat

Selain pemeriksaan roda pendarat, pemeliharaan meliputi penutup kursi dengan terpal plastik; menerapkan film pelindung pada kemudi, jendela kabin, roda, ban dan kaki roda pendarat; dan memasang saluran masuk pada badan pesawat untuk menghindari serangga, burung, dan kelelawar bersarang.

Dibangun di bekas pangkalan angkatan udara, Bandara Logistik California Selatan menawarkan langit cerah dan kelembaban rendah, menjadikannya tempat penyimpanan yang ideal untuk armada A380 Qantas, serta pesawat dari maskapai lain di seluruh dunia.

Berita Terbaru