Diutus Jokowi, Mensesneg Antar Supres Calon Kapolri ke DPR Siang Ini

NKRIKU.COM – Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebutkan bahwa surat presiden (Surpres) soal calon Kapolri bakal dikirimkan pada Rabu (13/1/2021). Rencananya, Presiden Jokowi akan mengutus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk mengantar surpres itu ke pimpinan DPR.

Sahroni menuturkan bahwa rencananya Pratikno akan mengantarkannya pada siang hari. Namun ia tidak mengetahui secara detail waktu pastinya surpres itu akan diantarkan.

“Rencana siang ini yah sama Mensesneg, jamnya belum tahu,” kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu.

Berita Populer  Mahfud Ungkap Nama 5 Jenderal Calon Kapolri Disetor ke Jokowi

Sahroni menjelaskan apabila surpres itu telah diterima, pihaknya akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) terlebih dahulu, diikuti dengan rapat pimpinan DPR. Setelahnya, pembahasan akan dilanjutkan ke Sidang Paripurna serta uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Baca Juga:
Politisi PDI-P Ribka Tjiptaning Tolak Vaksin

Sahroni menyebut fit and proper test sendiri dijadwalkan berlangsung pada pekan depan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah menyerahkan daftar nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia pun membeberkan lima nama calon yang dimaksud.

Berita Populer  HIPMI Yakin Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Mampu Stabilkan Iklim Investasi

Sebagai Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Mahfud menyerahkan calon nama Kapolri tersebut untuk nantinya bisa dipilih Jokowi.

“Ini lima nama Komjen Pol. yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri,” kata Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Jumat (8/1/2021).

Lima calon Kapolri yang diajukan Mahfud tersebut ialah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto.

Berita Populer  Pucuk Pimpinan Polri Ganti di 2021, Ini Kata Idham Azis

Baca Juga:
Muncul Nama Calon Kapolri, Peneliti ISESS: Belum Ada yang Selevel Hoegeng

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang,” ungkapnya.

Berita Terbaru