Diviralkan Ngepruk Harga, Warung Tengkleng Solo Baru Jadi Sepi

NKRIKU -Setelah ramai diviralkan harga tak wajar alias ngepruk, warung tengkleng Bu Harsi kini sepi pembeli. 

Pemilik warung, Harsi, pun mengaku tak ada lagi pembeli yang mampir ke warungnya.

“Biasanya mampir, tapi kemarin pada melirik saja tapi tidak mampir. Iya, sejak ramai itu saya dibicarakan jelek,” kata Harsi saat ditemi di warungnya di Grogol, Sukoharjo, Rabu (8/12/2021).

Harsi yang mengaku tidak mengenyam pendidikan itu tidak tahu lagi harus berbuat apa agar warungnya kembali ramai pembeli. Dia menyebut harga di warungnya sebenarnya sudah sesuai permintaan pembeli dan tidak pernah berniat ngepruk atau menjual mahal.

“Kalau porsinya kecil ya Rp 1 ribu, besar Rp 30 ribu. Tapi kadang pembeli mintanya komplit, pakai lidah, telinga, iga, dan otak ya itu harganya Rp 50 ribu,” terangnya.

Dia pun mengaku terkadang ada pembeli yang menambah nasi tapi tidak dia hitung. Harsi yang sudah berjualan tengkleng sejak puluhan tahun silam itu pun gelisah, jualannya kini sepi.

“Saya mbecak dari rumah ke sini Rp 50 untuk pulang pergi, ojek untuk ambil pesanan di pasar Rp 20 ribu. Untuk kulakan rata-rata Rp 360 ribu,” paparnya.

Saat ini dia mengaku mengurangi pasokan olahannya. Dari biasanya 5 kepala sehari dikurangi menjadi 3, itu pun masih tidak habis seperti sebelumnya.

Kulakan saya sudah mahal, kepala kambing itu satunya Rp 150 ribu, kok ada yang mengatakan tengklengnya mahal. Karena bahannya sudah mahal,” ucapnya.

Sambil menyeka air matanya, dia berharap kondisi warungnya bisa kembali ramai. Setidaknya ada langganan yang sudi mampir untuk mencicipi masakannya.

“Sudah sepi beberapa hari ini,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Keluhan para netizen tentang warung tengkleng itu diunggah oleh akun Instagram @jelajahsolo. Postingan itu berupa beberapa tangkapan layar review netizen yang sudah disensor. Testimoni yang tertangkap dalam postingan itu di antaranya:

“Ati2 Gaesss…pastikan harganya dl…Jangan sampe nyesel…”

Kemudian di kolom komentar postingan itu ada yang mengungkap nama warung yang dimaksud. “Oww.. Bu harsi,” ujar akun @glen****.(detik)

Berita Terbaru