Doa Ketika Bercermin, Memohon Disempurnakan Fisik dan Akhlak

NKRIKU.COM – Sebagai umat muslim, sebaiknya kita selalu membaca doa ketika bercermin. Doa ini memohon kepada Allah SWT supaya disempurnakan paras, fisik, serta akhlak.

Meskipun cukup ringkas, namun doa ketika bercermin mempunyai makna yang mendalam. Mengutip laman Konsultasisyariah, Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menjelaskan terdapat doa ketika bercermin yang sangat terkenal.

Berita Populer  Doa Keluar Kamar Mandi dan Etika Buang Air Menurut Islam

Berikut ini bacaan latin doa ketika bercermin:

“Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii”

Baca Juga:
Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Arti doa ketika bercermin:

“Ya Allah, sebagaimana Engkau memperbagus badanku maka perbaguslah akhlakku.”

Terkait doa bercermin ini, Syekh Bakr Abu Zaid mengatakan:

“Terdapat riwayat yang shahih bahwa Rasulullah SAW membaca doa ini. Hanya saja tidak dijumpai keterangan bahwa beliau membaca doa itu ketika melihat cermin. Ibnu Rusyd ditanya tentang doa ini, kemudian beliau mengingkari orang yang melarang doa ini, mengingat keumuman hadits yang memerintahkan untuk berdoa” (Fawaid fi Al-Alfadz, Syaikh Bakr Abu Zaid, Halaman 13).

Berita Populer  Kumpulan Doa Ujian Sekolah dan Keutamaanya

Biasanya ketika bercermin juga diikuti dengan mengenakan pakaian. Nah, terdapat doa memakai pakaian yang juga perlu dipanjatkan.

Baca Juga:
Doa Agar Hutang Cepat Lunas, Lakukan Hal Ini Juga

Keutamaan membaca doa ini adalah ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih (akan diampuni dosa yang telah lalu). Adapun bacaan latin doa memakai pakaian adalah sebagai berikut:

Berita Populer  Kumpulan Doa untuk Orang Tua, Baik Dibaca Setelah Shalat

Berita Terbaru