Dusun Batu Layar Sambas Jadi Kawasan Industri Lada

NKRIKU, Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dicanangkan sebagai kawasan industri lada usai dilakukan peninjauan oleh Badan Nasional Pembangunan Perbatasan (BNPP) RI.

“Pemantapan pembangunan kawasan industri lada di Dusun Batu Layar langsung ditinjau oleh Perwakilan BNPP RI Camat Sejangkung dan Disperindag Sambas,” ujar Kades Sendoyan, Juliansyah saat dihubungi di Sambas, Sabtu (20/02/2021).

Ia menjelaskan bahwa pengembangan kawasan industri lada tersebut sejalan dengan instruksi Presiden terkait percepatan pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan.

baca juga:

“Semoga berjalan sesuai dengan harapan dan berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa Dusun Batu Layar merupakan satu di antara sentra penghasil lada di Kabupaten Sambas. Mayoritas penduduk menjadikan komoditas lada sebagai sumber pendapatan.

“Sejak lama daerah ini menjadi sentra lada. Jadi sangat cocok untuk menjadi kawasan industri lada,” katanya.

Apalagi menurutnya, saat ini Dusun Batu Layar juga sudah memiliki produk turunan yakni lada bubuk baik hitam maupun putih.

“Kita telah melakukan hilirisasi produk dengan merek Lada Batu Layar. Produk kita sudah memiliki PIRT. Kita akan memproduksi massal dalam waktu dekat. Semoga dengan menjadi kawasan maka dari hulu dan hilir terkait lada semakin maksimal,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, terdapat sekitar 11 ribu hektare tanaman lada yang dikembangkan atau dibudidayakan oleh masyarakat.

Berita Terbaru