Ethiopia Ajak Pengusaha Indonesia Investasi di Sektor Farmasi


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye mengundang para pengusaha Indonesia di sektor farmasi atau obat-obatan untuk investasi dan membangun pabrik di negaranya.

Pasalnya, pemerintah Ethiopia tengah memberikan perhatian khusus untuk sektor farmasi dan obat-obatan dibandingkan sektor lainnya.

“Ada banyak sekali insentif untuk obat-obatan. Saya tidak punya waktu untuk membahas semua itu tetapi pasti, kami akan mengatur waktu yang cukup sehingga kami dapat menjelaskan semua manfaat di sektor farmasi,” ucapnya dalam Indonesia-Ethiopia Business and Trade Meeting yang digelar secara virtual, Kamis (26/11).

Berita Populer  Indo Premier: Pandemi, Masyarakat Kian Sadar Investasi

Tsegaye menjelaskan terdapat pembebasan Pajak Penghasilan (PPh) untuk pendirian di kawasan industri. “Di bidang farmasi, pemerintah memberi Anda perhatian. Nah, ada juga insentif umum bagi investor di Ethiopia,” tuturnya.

Untuk investasi bahan farmasi aktif (active pharmaceutical ingredients/API), misalnya, investor akan mendapatkan pembebasan PPh 8-10 tahun (tergantung lokasi kawasan industri).

Berita Populer  Trending Bisnis: Gedung ESDM Belum Diasuransi; Faisal Basri: Omnibus Law Cacat

Di luar itu ada pula insentif berupa diskon ekspor selama dua tahun masing-masing sebesar 30 persen dan 60 persen.

Sementara untuk investasi di bidang final medicine production, investor akan mendapatkan pembebasan PPh 6-8 tahun (tergantung lokasi kawasan industri), serta insentif berupa diskon ekspor selama dua tahun masing-masing sebesar 30 persen dan 60 persen.

Ada pula insentif untuk investasi manufaktur kemasan farmasi berupa pembebasan PPh selama 3-4 tahun(tergantung lokasi kawasan industri), serta insentif berupa diskon ekspor selama dua tahun masing-masing sebesar 30 persen dan 60 persen.

Berita Populer  OJK: Share4Pay Diduga Lakukan Penipuan Bisnis dengan Iming-iming Bonus Melimpah

Keuntungan lainnya berinvestasi di sektor farmasi di Ethiopia, lanjut Tsegaye, adalah peluang untuk memperluas penjualan ke negara-negara Afrika lainnya.

“Sektor farmasi sangat berkembang, ada peluang untuk melayani pasar Afrika. Dengan menempatkan pabrik di Ethiopia perusahaan farmasi dapat mulai memproduksi produk yang Anda butuhkan dan investor dapat memiliki akses ke negara-negara Afrika lainnya,” tandasnya.

[Gambas:Video NKRIKU]

(hrf/age)

Berita Terbaru