Garmin Dilaporkan Bayar Jutaan Dollar untuk Tebus Serangan Ransomware!

NKRIKU.COM – Belum lama ini tepatnya pada akhir bulan Juli lalu, layanan dari perusahaan smartwatch terkenal yaitu Garmin dilaporkan telah tumbang. Penyebab dari tumbangnya layanan Garmin tersebut adalah sebab serangan ransomware yang menyerang perusahaan.

Setelah informasi mengenai serangan ransomware tersebut beredar, kini muncul lagi laporan baru yang menyebutkan bahwa Garmin sudah mengeluarkan jutaan dollar untuk membayar uang tebusan kepada penyerang layanan Garmin tersebut.

Berita Populer  Studi Garmin: 4 Perubahan Aktivitas Fisik Selama Pandemi Covid-19

Laporan mengenai hal tersebut pertama kali dilaporkan oleh Arete Incident Response. Perusahaan penyedia jasa keamanan cyber tersebut mengatakan bahwa Garmin telah membayar jutaan dollar kepada penyerang demi mengembalikan akses ke berkasnya yang sebelumnya sudah terenkripsi.

Berita Populer  Serangan Ransomware, Perusahaan Minyak AS Bayar Tebusan Rp 71 Miliar

Logo perusahaan Garmin (photo/REUTERS/Carlo Allegri)

Sampai saat ini belum diketahui siapa pelaku dari penyerangan tersebut. Tapi banyak yang menyebut bahwa pelaku penyerangan tersebut merupakan sebuah kelompok hacker asal Rusia bernama Evil Corp yang saat ini bisa dibilang sangat terkenal.

Berita Populer  Giliran Pemasok Daging Terbesar di Dunia Lumpuh, Serangan Ransomware Lagi?

Evil Corp sendiri merupakan kelompok hacker yang sudah pernah melakukan berbagai serangan cyber mulai dari penyebaran malware Dridex hingga ke pembuatan US Treasury yang melarang warga AS untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang terkait dengan Evil Corp.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru