Gempa di Kalimantan Utara Pagi Ini Dilaporkan Disertai Gemuruh

NKRIKU, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa di Kalimantan pada pagi tadi, pukul 04.41 WIB, Sabtu 8 Mei 2021. Gempa tepatnya bersumber dari darat, 41 kilometer arah tenggara Bulungan, Kalimantan Utara.

BMKG menyebut gempa berkekuatan Magnitudo 4,0–diperbarui menjadi 3,9–berasal dari kedalaman 11 kilometer. Intensitas gempa ini terukur pada skala III MMI (terasa nyata di dalam rumah) di Bulungan.

Berita Populer  FOTO: Gempa M 7,4 dan Tsunami Lokal Guncang Meksiko

Lewat akun media sosialnya, Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan kalau hampir seluruh wilayah Kabupaten Bulungan bergetar. “Gempa ini dilaporkan warga disertai suara gemuruh,” katanya. Daryono menyertakan tagar waspada sesar aktif dalam unggahannya itu.

Berita Populer  Gerak Siklon Tropis Seroja, BMKG: Potensi Hujan Sangat Lebat Bukan Cuma di NTT

Sekalipun dikenal lebih aman daripada wilayah lain di Indonesia, Pulau Kalimantan tak berarti bebas dari gempa. Lindu sebelumnya, di antaranya, terjadi pada 17 Februari lalu. Saat itu gempa berkekuatan 4,4 M juga bersumber di darat mengguncang lemah Nunukan dan Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Berita Populer  Warga Jabodetabek Diminta Waspada Dampak La Nina

Gempa 4,1 M juga menggoyang Berau, Kalimantan Timur, pada akhir Januari lalu. Bahkan di wilayah ini, BMKG menyebutkan, ada riwayat gempa besar dan tsunami.

Berita Terbaru