Gempa Klaten Berpusat di Pacitan, Ini Info Terbarunya

NKRIKU – Gempa Klaten yang terjadi hari ini berpusat di Pacitan. Diketahui bahwa gempa yang mengguncang Kabupaten Pacitan juga terasa sampai ke beberapa daerah di Pulau Jawa, termasuk Klaten.

Menurut informasi BMKG, gempa terjadi pada hari Rabu, 13 Oktober sekitar pukul 12.00 WIB. Berikut informasi lengkapnya mengenai gempa Klaten yang berpusat dari Pacitan tersebut.

Gempa Klaten: Berkekuatan Magnitudo 4.8

Berdasarkan data hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan magnitudo 4.8. Pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT.

Tepatnya, gempa ini berpusat di laut pada jarak 78 km arah barat daya Pacitan Jawa Timur, pada kedalaman 55 km. Diketahui bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

Gempa Klaten: Membuat Beberapa Warga Panik

Gempa yang berpusat di Pacitan ini cukup terasa getarannya di Klaten. Terlihat bahwa warga sempat berlarian keluar rumah saat merasakan adanya guncangan.

“Gempa terasa sampai ada warga yang lari keluar rumah dan berteriak-teriak. Tapi saya tidak lari keluar,” ungkap Sumarni warga Dusun Bulu, Desa Nanggulan, Kecamatan Cawas, Klaten pada detikcom saat ditemui di warungnya.

Selain itu, Kades Sengon, Kecamatan Prambanan, Agus Sumaryono, mengatakan desanya yang berada di ujung perbatasan sisi barat juga merasakan gempa. Menurut Agus gempa kali ini terasa lebih kecil dibandingkan sebelumnya yang pernah terjadi. Meski begitu, warga saat ini sudah lebih waspada dan tenang menghadapi gempa bumi tersebut.

“Betul ada gempa tapi tidak begitu berasa. Warga tidak panik dan berkegiatan seperti biasa,” ungkap Agus pada detikcom.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pemkab Klaten, Rujedi, turut angkat bicara mengenai peristiwa gempa ini. Rujedi mengatakan bahwa belum ada laporan kerusakan dampak dari gempa tersebut hingga saat ini.

“Iya menurut informasi terjadi gempa tadi. Tapi meskipun dirasakan belum ada laporan dampak yang ditimbulkannya,” kata Rujedi.

Gempa Klaten: Tidak Berpotensi Tsunami

Dilansir dari akun Instagram resmi BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Selain itu, Hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tidak tercatat adanya gempa susulan atau aftershock.

Saat ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. Selain itu, periksa dan pastikan bahwa bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Demikian informasi soal Gempa Klaten mulai dari kekuatan hingga info terbaru lainnya. Tetap berhati-hati dan waspada jika ada gempa susulan ya.(detik)

Berita Terbaru