by

Hari Ini Minyak Goreng Harga Rp14.000, Masyarakat Tolong Jangan Panic Buying!

Pasang

NKRIKU Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengumumkan mulai hari ini, Rabu (19/1/2022) pemerintah resmi menerapkan kebijakan minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter untuk kemasan sederhana maupun premium.

Tak terbatas untuk kemasan saja, Mendag Lutfi menegaskan harga tersebut juga berlaku hingga jerigen 25 liter.

” Baik kemasan premium maupun sederhana akan dijual setara Rp14.000 per liter atau semua jenis kemasan baik kualitas premium, maupun sederhana dengan ukuran mulai dari 1 liter sampai dengan jerigen 25 liter, diperuntukkan untuk kebutuhan rumah tangga, serta usaha mikro dan usaha kecil,” ujar Mendag Lutfi saat konferensi pers daring, Selasa (19/1/2022).

Berita Populer  Dampak Larangan Ekspor Minyak Goreng: Harga Bakal Makin Naik dan Petani Merugi?

Kebijakan ini berlaku untuk pasar ritel modern atau supermarket, dimana telah melalui kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Kemudian untuk pasar tradisional diberikan waktu penyesuaian selama seminggu.

Mendag Lutfi juga menghimbau agar masayrakat tak perlu melakukan panic buying, karena ketersediaan stok minyak goreng untuk kemasan sederahana sebesar 250 juta liter per bulannya.

Berita Populer  Holding BUMN Pangan Akan Salurkan Minyak Goreng ke 110 Pasar Rakyat

” Saya mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan, karena pemerintah sudah menjamin pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat,” katanya.

Adapun anggaran untuk subsidi minyak goreng tersebut sebesar Rp7,6 triliun yang bersumber dari dana kelolaan BPDPKS untuk menutup selisih harga pasaran dan harga keekonomian di level produsen.

Berita Populer  Tanggapi Megawati, PKS: Penghematan Konsumsi Minyak Goreng Baik, Tapi..

Anggaran tersebut untuk membiayai minyak goreng kemasan sebanyak 250 juta liter per bulan atau sekitar Rp1,5 miliar liter selama enam bulan ke depan.

Sebelumnya, Pemerintah memastikan kembali agar masyarakat dapat memperoleh harga minyak goreng kemasan dengan harga terjangkau Rp14.000,00 per liter. Upaya menutup selisih harga ini tidak hanya diberikan untuk minyak goreng kemasan 1 liter, tetapi juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan 2 liter, 5 liter, dan 25 liter.