Hari Keempat, Basarnas Kerahkan 4 Kapal Cari Black Box SJ 182


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

Kepala bagian operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman menjelaskan pada hari keempat, Selasa (12/1), pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pihaknya mengerahkan empat kapal khusus untuk mencari black box atau kotak hitam.

Empat kapal tersebut adalah KRI Rigel, KR Baruna Jaya, KR Ara dari Kementerian Komunikasi dan Maritim, serta kapal milik PT Nusantara Terminal Services (NTS).

“Kita diperkuat oleh 4 unsur yang mempunyai kemampuan itu. Itu ada KRI Ritel, Baruna Jaya, Kemudian ada dari kementerian Komunikasi dan maritim itu KR Ara serta ada tim NTS,” kata Rasman di Pelabuhan JITC, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (11/1).

Berita Populer  17 Keluarga Korban Sriwijaya Air Terima Santunan Rp 1,5 Miliar

Keempat kapal tersebut dikatakan memiliki kemampuan deteksi bawah laut, sehingga pencarian hari ini bisa jauh lebih maksimal.

“Apalagi didukung dengan cuaca yang cukup bersahabat gelombang yang juga tidak begitu ekstrem sehingga tim kita yang ada di lapangan diharapkan bisa untuk melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Berita Populer  Tambah 5, Total 17 Korban Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Teridentifikasi

Sesuai operasi semula, kegiatan pencarian di laut tetap dibagi ke dalam enam sektor dalam mencari serpihan pesawat maupun bagian tubuh. Keempat kapal tersebut juga akan dibagi dalam enam sektor pencarian.

“Kegiatan di laut tetap seperti rencana operasi semula kita bagi dalam 6 sektor, saya pikir lebih kita perdalam di wilayah tersebut sehingga kami buat perencanaan areal untuk operasinya tetep di dalam enam sektor,” tuturnya.

“Kemudian dari enam sektor itu kita maksimalkan khusus untuk mencari black box,” sambung Rasman.

Berita Populer  KNKT Kerahkan Kapal Baruna Jaya Cari Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182

Pesawat komersil Sriwijaya Air SJ182 Jakarta-Pontianak dinyatakan jatuh pada Sabtu (9/1) lalu. Pesawat jatuh di daerah Kepulauan Seribu, Jakarta.

Total 62 orang ada dalam pesawat tersebut, diantaranya 50 orang penumpang dan 12 kru.

Sejauh ini, temuan tim Basarnas berupa 74 kantong jenazah, 16 kantong serpihan pesawat kecil, dan 24 potongan besar pesawat.

(mel/arh)

[Gambas:Video NKRIKU]

Berita Terbaru