Hebohnya Sampai Bikin Tutup Gerai McDonald’s, Siapa Paling Diuntungkan dari BTS Meal?

NKRIKU, McDonald’s Indonesia merilis BTS Meal pada Rabu (9/6/2021) mulai pukul 11.00 WIB. Paket menu besutan grup boyband asal Korea Selatan, BTS dengan McDonald’s ini ternyata sangat laris manis. Bahkan beberapa gerai terpaksa ditutup oleh pihak keamanan karena antrean yang panjang menimbulkan kerumunan. 

Tetapi terlepas dari semua itu, usut punya usut Big Hit Music selaku perusahaan yang mengelola manajemen BTS, mengungkapkan alasan mereka tertarik berkolaborasi dengan McD.

Berita Populer  Kasus Kerumunan McD Puri Kembangan Berawal dari Orderan Fans Garis Keras BTS

“Band ini memiliki memori yang indah bersama McDonald’s. Kami sangat semangat dengan kolaborasi ini dan tidak sabar untuk berbagi BTS Meal dengan kalian semua di seluruh dunia,” demikian disampaikan perwakilan Big Hit Music melalui pernyataan resminya.

Di lain kesempatan, Marketing Expert dari Inventure Consulting, Yuswohady menilai kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk ekspresi terhadap BTS yang kini tengah menjadi budaya pop baru di seluruh dunia. 

“Kolaborasi ini bukan fungsional tapi self expressions. Orang membeli sesuatu itu di sebuah brand bukan karena fungsi, misalnya manfaatnya, pelayanan yang cepat dan sebagainya. Hal yang menjadi alasan utama ialah sebagai sarana bagi konsumen untuk mengekspresikan diri mereka terhadap idola atau kegemarannya,” ujarnya dilansir dari Asumsi.com.

Berita Populer  Buntut Kerumunan BTS Meal, McDonald's Stasiun Gambir Terancam Denda Rp 50 Juta

Ia menambahkan, popularitas BTS yang mendunia dimanfaatkan oleh McD untuk melakukan penyegaran terhadap mereknya. McD, kata dia, tentu dituntut oleh pasar untuk terus berinovasi dengan menu hidangan mereka yang ada saat ini. 

Berita Populer  Erick Ikut Pamer Beli BTS Meal, Triawan Munaf Terciduk Beri Komentar Menggelitik

“Setiap merek itu perlu ada penyegaran, dalam rangka memberikan energi baru pada identitas mereknya. Saya kira ini bisa dibilang riding the wave juga karena BTS lagi ngetop,” lanjutnya.

Lantas, siapa saja pihak yang diuntungkan dari kehebohan kolaborasi McDonald’s dan BTS ini? 

Yuswohady berpendapat masing-masing pihak menerima keuntungan. Bagi pihak McD, BTS sudah memiliki penggemar loyal yang memiliki nilai jual untuk menjadi konsumen mereka.

Berita Terbaru