Hindari Makanan Ini Jika Tak Ingin Berisiko Kanker Usus

NKRIKU.COM – Apa yang kita makan setiap hari saat sarapan dapat berdampak pada risiko terkena kanker usus. Itu artinya kita harus bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Dilansir dari Express, daging merah dan olahan berisiko mengembangkan kanker usus. Lebih buruk lagi Makan daging goreng atau panggang juga dapat meningkatkan risiko.

Berita Populer  Ini Minuman Ajaib yang Bantu Mencegah Diabetes, Kanker, dan Meningkatkan Umur Panjang

Perubahan kebiasaan buang air besar normal, seperti diare atau sembelit adalah tanda yang mengganggu bila berlangsung selama tiga minggu atau lebih.

Seseorang dengan penyakit ini mungkin juga mengalami pendarahan dari bagian belakangnya.

Gejala lain dari kanker usus adalah melihat darah merah atau hitam di dalam atau di dalam tinja. Bahkan setelah pergi ke toilet, penderita kanker usus mungkin merasa seolah-olah mereka belum mengosongkan isi perut dengan benar.

Berita Populer  Menteri Kesehatan Dinyatakan Positif Corona!

Gejala dari kondisi ini bisa juga ditandai dengan perasaan lelah yang tidak dapat dijelaskan, pusing atau sesak napas. Penurunan berat badan atau nyeri di perut atau bagian punggung juga harus diwaspadai.

Berita Populer  Sayuran Sebaiknya Potong Dulu atau Cuci Dulu Sebelum Dimasak?

Sementara itu, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan jika ingin mengurangi kemungkinan terkena kanker usus. Kurangi daging merah, yang meliputi: daging sapi, domba, babi, sapi muda, daging rusa, dan kambing.

Membatasi daging olahan juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti: daging asap, ham, pate, dan daging kaleng.

Daging merah bahaya bagi usus (Pexels/Fábio Bueno)Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru