oleh

Hukum kekekalan energi

(Pustaka Fisika). Disamping kemampuan energi untuk berubah, ada sifat lain yang menarik pada energi. Sifat itu ialah yang disebut “kekekalan energi”. “Kekal” disini berarti “tak dapat dimusnahkan, dan juga tidak dapat diubah bentuknya. Jika ada energi seakan-akan hilang, sesungguhnya energi itu tidaklah hilang, melainkan berubah bentuk menjadi bentuk yang sukar diamati.

Orang mengetahui dan percaya bahwa energi itu kekal adalah dari pengalaman dan penalaran. Sepanjang sejarah belum pernah orang berhasil membuat mesin yang dapat mnghasilkan energi tanpa kepadanya di pasok (diberi) energi. Berbagai cara sudah ditempuh orang, tetapi tidak memberi hasil. Tidak ada mesin penggerak yang dapat bergerak sendiri tanpa sumber energi. Semua mesin penggerak yang ada sekarang ini dapat bergerak sendiri tanpa sumber energi. Semua mesin penggerak yang ada sekarang ini dapat bergerak karena kepadanya diberikan energi bentuk tertentu. Misalnya, mesin penggerak kendaraan bermotor pada umumnya mendapat energinya dari sumber energi yang berbentuk bahan bakar. Jadi energi hanya dapat diperoleh dari energi juga, mungkin dalam bentuk lain.

Energi tidak dapat muncul dari tidak ada apa-apa. Misalnya, kita tidak dapat memperoleh cahaya (energi) tanpa ada energi lain yang berubah menjadi cahaya. Jumlah energi sebelum berubah sama dengan jumlah energi setelah berubah bentuk. Jika energi sebesar E berubah menjadi energi bentuk lain sebesar E1 dan E2, maka selalu E= E1 +E2. Jumlah energi itu kekal adanya.

Loading...

Perhitungan-perhitungan matematik dengan menggunakan hukum-hukum gerak juga menghasilkan kesimpulan yang sama. Yaitu bahwa energi itu kekal adanya. Oleh karena itu orang lalu percaya bahwa adanya hukum yang mengatur adanya energi disebut hukum kekekalan energi, yang dapat dirumuskan sebagai berikut: 

Energi tak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat berubah bentuk
Massa juga adalah energi. Dapat dikatakan bahwa massa itu salah satu bentuk energy. Jika demikian halnya, hukum kekekalan energi dapat juga disebut hukum kekekalan massa dan energi. Sekian tulisan tentang Hukum Kekekalan Energi, semoga bermanfaat.
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.