IKAPPI: 107 Pasar Tradisional se-Indonesia Ditutup Sementara usai Pedagang Positif Covid-19

JAKARTA, NKRIKU – Sejumlah pasar tradisional ditutup sementara menyusul para pedangangnya positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan, sejauh ini sudah ada 107 pasar se-Indonesia yang ditutup sementara.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKAPPI, Muhammad Ainun Najib mengungkapkan, 107 pasar tersebut tersebar di 16 provinsi dengan pola penutupan yang berbeda-beda. Penutupan pasar mulai dari sehari hingga sepekan.

Berita Populer  Dua Wisatawan Asal Jakarta di Labuan Bajo Positif Covid

“Kami berharap bahwa kebijakan penutupan pasar adalah kebijakan dan alternatif terakhir jika itu pilihan yang harus dilakukan,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (2/7/2020).

Dari kebijakan tersebut, Najib mengatakan, pedagang mengalami kerugian yang cukup besar. Najib juga mengeluhkan Pemda maupun pengelola pasar yang menutup pasar tanpa adanya sosialisasi usai adanya pedagang yang terpapar Covid-19.

Berita Populer  Harga Bitcoin Tembus Rp285 Juta per Koin, Termahal Sejak 2017

“Upaya ini sangat kami sesalkan dan semoga tidak terjadi lagi di hari ke depan. Kalau pun ditutup harusnya ada tahapan yang disampaikan pedagang, entah penyemprotan disinfektan atau upaya lain harus dilakukan secara terbuka. Siapa tahu bisa bergotong royong bersama-sama pedagang,” ujarnya.

Pasar tradisional, menurut Najib, merupakan ujung tombak ekonomi daerah, serta pondasi ekonomi masyarakat dan distribusi pangan rakyat. Dia khawatir terjadi banyak persoalan jika pasar ditutup tanpa sosialisasi.

Berita Populer  Survei: Akibat Lockdown Covid-19, 50 Persen Populasi Remaja Mengalami Depresi

“Kami mencatat banyak contoh kasus di beberapa pasar yang ditutup sepihak sehingga pedagang kebingungan pada saat pedagang mau berdagang di hari berikutnya. Langkah-langkah sosialisasi aktif itu penting dilakukan agar setiap kebijakan pemerintah daerah dapat dijalankan secara bersama sama,” tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad

Berita Terbaru