oleh

INFO PENTING! 7 Fakta Hantavirus yang Hebohkan China dan Dunia, Virus Apa Itu?

NKRIKU – China dan Dunia dikejutkan dengan kehadiran virus baru yang dinamakan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Ini merupakan penyakit pernapasan yang parah dan bisa mengakibatkan fatal pada manusia karena infeksi hantavirus.

Kasus ini terkuat setelah seorang pria meninggal dunia di Tiongkok pada hari senin, 23 maret dan dinyatkan telah positif hantavirus. Berdasarkan dari informasi Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, bahwa Hantavirus ditularkan lewat tikus.

Siapapun yang bersentuhan dengan tikus yang membawa hantavirus akan beresiko terserang HPS. Hewan pengerat di dalam dan sekitar rumah tetap menjadi resiko utama adanya paparan hantavirus. Bahkan orang sehat pun akan beresiko terserang HPS kalau terpapar oleh virus tersebut.

Sampai sekarang ini, tak ada kasus HPS yang sudah dilaporkan, khususnya di Amerika Serikat yang mana ditularkan dari satu orang kepada orang lainnya.

Adapun fakta seputar Hantavirus yang telah dihimpun dari CDC sebagai berikut:

1. Lokasi potensial paparan hantavirus

Kasus infeksi hantavirus manusia terjadi secara sporadis, biasanya di daerah pedesaan yang masih terdapat hutan, ladang, dan peternakan. Lokasi ini menawarkan habitat yang cocok untuk inang hewan pengerat virus.

Area di sekitar rumah atau tempat kerja hewan pengerat dapat hidup, misalnya, rumah, lumbung, bangunan tambahan, dan gudang jadi lokasi potensial orang mungkin terpapar virus.

Beberapa hantavirus lain mampu menyebabkan infeksi hantavirus di AS. Hantavirus New York, yang dibawa oleh tikus berkaki putih, dikaitkan dengan kasus HPS di AS timur laut. Hantavirus Black Creek, yang dibawa oleh tikus kapas, ditemukan di AS bagian tenggara.

Kasus HPS telah dikonfirmasi di tempat lain di Amerika, termasuk Kanada, Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Panamá, Paraguay, dan Uruguay.

2. Bisakah hewan peliharaan menjadi media penularan HPS ke manusia?

Loading...

Baca Juga: