by

INFO RESMI! PKH dan BPNT 2023 Kapan Cair Barengan? Info Pencairan Berupa Uang atau Sembako

Pasang

NKRIku.com – Masyarakat simak mengenai PKH dan BPNT 2023 kapan cair barengan hingga informasi terkaitpencairan berupa uang atau sembako yang perli Anda ketahui.

Kabar pencairan PKH dan BPNT 2023 semakin santer dibicarakan. Banyak spekulasi beredar kedua bansos tersebut akan dicairkan di bulan ini Januari 2023.

Anda perlu membaca secara teliti terkait informasi PKH dan BPNT 2023 kapan cair, jika tidak bisa saja Anda terkena kabar hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

PKH dan BPNT 2023 Cair Barengan?

Pencairan PKH dan BPNT selalu dinantikan oleh para penerimanya. Biasanya PKH dan BPNT 2023 akan dicairkan secara berbarengan. Lalu, bagaimana dengan pencairan kali ini?

Para penerima BPNT 2023 akan mendapatkan suntikan dana segar sebesar Rp 200 ribu per tiga bulan sekali, sehingga uang yang didapatkan dalam setiap pencairan sebesar Rp 600 ribu.

Sementara untuk pencairan PKH dibagi ke dalam empat tahap dengan masing-masing tahap memiliki periode per tiga bulan sekali.

Besaran bansos PKH yang diterima beragam, untuk lebih jelasanya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

  • Bansos ibu hamil sebesar Rp 3 juta per tahun
  • Bansos anak usia dini sebesar RP 3 juta per tahun
  • Bansos anak sekolah SD sebesar Rp 900 ribu per tahun
  • Bansos anak sekolah SMP sebesar Rp 1,5 juta per tahun
  • Bansos anak sekolah SMA sebesar Rp 2 juta per tahun
  • Bansos lansia 70 tahun ke atas sebesar Rp 2,4 juta per tahun
  • Bansos disabilitas sebesar Rp 2,4 juta per tahun

Lantas, PKH dan BPNT 2023 kapan cair barengan? Untuk informasi mengenai pencairan ini, pemerintah belum memberikan jadwal pencairan resmi.

Saat ini, Kantor Pos masih fokus melakukan pencairan BLT BBM tahap 2 2022 dan BPNT 2022 yang belum dicairkan. Para penerima bansos tersebut yang belum sempat mencairkan bantuan bisa segera mendatangi Kantor Pos tanpa perlu membawa kartu undangan.

Anda cukup membawa KTP dan KK sebagai persyaratan untuk mencairkan bansos susulan ini. Batas waktu pencairan hingga akhir Januari 2023.

Setelah itu, maka pencairan BPNT 2023 dan PKH tahap 1 akan mulai diproses. Meski demikian, belum ada informasi resmi terkait jadwal pasti pencairan.

Cair Berupa Uang atau Sembako?

Jika merujuk pada pencarian BPNT 2022 lalu, maka bansos dicairkan dalam bentuk uang tunai.

Bantuan tersebut bisa diambil di Kantor Pos sebesar Rp 600 ribu untuk periode Oktober-Desember 2022 lalu. Dalam proses pencairannya, tidak ada potongan apapun sehingga Anda akan mendapatkan bantuan secara utuh Rp 600 ribu.

Untuk pencairan BPNT 2023 cair berupa uang atau sembako masih belum ada informasi resmi. Namun, diperkirakan pencairan masih sama seperti periode sebelumnya yakni berupa uang tunai melalui Kantor Pos.

Cek Penerima PKH dan BPNT 2023

Kementerian Sosial terus melakukan pemutakhiran DTKS penerima bansos 2023. Oleh karenanya, Anda wajib melakukan pemeriksaan status penerima bansos secara berkala.

Sebab, jika Anda mendapatkan bansos pada tahun lalu maka bisa saja nama Anda gugur sebagai penerima bansos 2023 dan dihapus dari DTKS. Hal ini lantaran pemerintah menilai Anda sudah mampu dan tidak membutuhkan bansos lagi.

Nantinya, bansos Anda akan dialihkan untuk masyarakat fakir miskin dan kurang mampu lainnya yang lebih membutuhkan.

Berikut ini cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023

  1. Masuk ke situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan alamat sesuai KTP meliputi provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau kelurahan
  3. Masukkan nama lengkap Anda sesuai yang tertera di KTP milik Anda
  4. Masukkan kode unik pada kotak yang ada
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’

Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga sistem Cek Bansos menampilkan pemberitahuan status penerima bansos 2023.

Jika nama Anda dihapus dari DTKS dan tidak terdaftar sebagai penerima bansos lagi, Anda bisa mengajukan usulan jika Anda memang merasa masih membutuhkan bansos.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pencairan PKH dan BPNT 2023 kapan cair barengan apakah berupa uang atau sembako.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul PKH dan BPNT 2023 Kapan Cair Barengan? Update Info Pencairan Berupa Uang atau Sembako