Ingin Coba Modal Usaha dengan Pinjaman, Tolong Perhatikan Ini Dulu Ya!

NKRIKU  Baik yang baru mendirikan usaha ataupun sudah memiliki usaha tentu modal masih menjadi momok yang cukup berat keduanya.

Tak dipungkiri mengumpulkan modal memang tak mudah dan sangat lama membutuhkan waktu sehingga tujuan kamu lama tercapai. Untuk itu, cara efektif untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam uang baik bank atau lembaga lainnya.

Berita Populer  Selama 10 Tahun Terakhir, Sri Mulyani: PNBP BLU Rata-rata Tumbuh 20 Persen

Meminjam untuk modal usaha adalah hal lumrah, namun tetep saja ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan sebelum mengajukan pinjaman untuk tujuan modal yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pendapatan dan Kemampuan Membayar

Tentu saja setiap orang ingin modal semaksimal mungkin untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Namun sebelum itu ada baiknya membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu agar bisa memprediksi pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya.

Berita Populer  Naik, Pendapatan Huawei pada 2020 Capai Rp 1.969 Triliun

Kamu bisa mengetahuinya modal yang dibutuhkan serta kemampuan untuk mengembalikan pinjaman lewat perkiraan omzet yang didapat.

2. Pengelolaan modal

Meski belum mendapat pinjaman tak ada salahnya kamu sudah memikirkan bagaimana modal nanti bakal dikelola seperti apa. Modal sebaiknya dapat dikelola secara efektif dan efisien agar dapat memenuhi target usaha kamu.

Berita Populer  5 Franchise Modalnya Kurang dari Rp10 Juta, tapi Cuan Melimpah

Untuk mengelola modal, kamu bisa menggunakan cara seperti catatan pembukuan keuangan, memonitor dan mengontrol cash flow, atau berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalan untuk memudahkan kamu dalam mengelola modal supaya tidak menggunakannya secara berlebihan.

Berita Terbaru